This is an outdated version published on 2021-07-05. Read the most recent version.

PENGARUH TINGKAT KEHADIRAN SISWA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn

Authors

  • Sunarno
  • Nicky Widia Zeptiani STKIP PGRI Trenggalek

Keywords:

Tingkat Kehadiran, Pandemi, Covid-19, Prestasi Belajar

Abstract

Kehadiran siswa di sekolah adalah kehadiran dan keikutsertaan siswa secara fisik dan mental terhadap aktivitas sekolah pada jam efektif di sekolah. Akibat munculnya virus covid-19 menyebabkan proses pembelajaran yang sebelumnya berlangsung dengan tatap muka, tidak bisa dilaksanakan lagi. Sehingga proses pembelajaran harus dilakukan secara daring. Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring tingkat kedisiplinan siswa dalah hal kehadiran tergolong cukup tinggi.Kehadiran siswa baik secara langsung (tatap muka) maupun secara daring memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan kehadiran siswa merupakan salah satu hal yang penting dalam mengevaluasi keberhasilan akademik siswa dan keberhasilan prestasi sekolah. Untuk mendapatkan gambaran dari hasil penelitian yang maksimal penulis melakukan penelitian di SMP Gotong Royong 2 Suruh Kecamatan Suruh-Trenggalek, dengan obyek penelitian siswa kelas VIII 25 siswa (penelitian populasi). Data yang diperoleh dengan dokumentasi untuk mengetahui tingkat kehadiran siswa di masa pandemi covid-19 (variabel bebas) dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa (variabel terikat) juga menggunakan dokumentasi. Data terkumpul dianalisis menggunakan Products momen, untuk mengetahui hasilnya.Setelah dilakukan analisis data diketahui adanya perbedaan yang cukup signifikan dengan hasil r hitung = 0,853 dan dikonsultasikan dengan nilai r tabel = 0,396. Dapat Dengan hasil tersebut, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara tingkat kehadiran dimasa pandemi terhadap prestasi belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas VIII di SMP Gotong Royong 2 Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah,Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya:Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar . 2008. Proses Belajar Mengajar.Jakarta:PT.Bumi Aksara.

KBBI, 2020.Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pandemi.23,diakses 23 Februari 2021.

M.Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta.

Muhammad Fathurrahman & Sulistyorini.2012 .Belajar dan Pembelajaran,hlm 118.Yogyakarta:Teras

Nasehudin,Toto Syatori & Nanang Gozali.2015.Metode Penelitian Kualintatif.Bandung:Pustaka Setia.

Rini,Choirunisa Ayu Setyo. 2020. Pengaruh Kondisi Belajar Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ambarawa Tahun Pelajaran2019/2020,(Online),(http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/9167), diakses 20 februari 2021.

Rosyid,Moh.Syaiful & Aminol Rosyid Abdullah.2018.Reward & Punishment Dalam Pendidikan.hlm 45.Malang:Literasi Nusantara.

Sardian A.M.2012.Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Rajawali Pers.

Sari,Anjar. 2019. Korelasi Tingkat Kehadiran Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pontianak,(Online), (http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/756), diakses 16 Mei 2021.

Subana & Moersetyo Rahadi Sudrajat.2015.Statistik Pendidikan.Bandung:Pustaka Setia

Sudrajat,Akhmad. 2010. Tentang Kehadiran dan Ketidakhadiran Siswa di Sekolah,(Online), (https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/10/17/tentang-kehadiran-dan-ketidakhadiran-siswa-di-sekolah/), diakses 03 Maret 2021.

UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal I Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2021-06-30 — Updated on 2021-07-05

Versions

How to Cite

Sunarno, & Nicky Widia Zeptiani. (2021). PENGARUH TINGKAT KEHADIRAN SISWA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(1), 62–70. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/120 (Original work published June 30, 2021)