PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING

Authors

  • Lilik Idayati SMAN 2 Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.141

Keywords:

prestasi belajar, problem based learning, mind mapping

Abstract

ABSTRAK

Tujua

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Fisika materi gerak lurus melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan dengan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Trenggalek. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Trenggalek Semester Ganjil Tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 18 putra dan 17 putri. Data penelitian diperoleh melalui hasil kuesioner dan hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problems Based Learning berbantuan dengan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Gerak Lurus siswa Kelas X MIPA 1  SMAN 2 Trenggalek. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I= 62,9% dan pada siklus II =85,7%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldi, Y., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Stress Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Frisian Flag Indonesia Wilayah Padang

Buzan, Tony. (2003). Use Both Sides of Your Brain. Surabaya : Ikon.

Buzan, Tony. (2005). Buku Pintar Mind Mapping: Jakarta: Gramedia Pustaka

Buzan, Tony. (2007). Buku Pintar Mind Maps. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2012). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Helmawati. (2018). Mendidik anak berprestasi melalui 10 kecerdasan.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Herminto dkk. (2017). Problem Based Learning dalam kurikulum 2013. UNY Press.

Nisak, Eny Djauharatun. (2018). Penerapan Metode Mind Mapping untuk meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Kalidawir. Briliant :Jurnal Riset dan Konseptual, Vol 3 (1), Hal.13-24

Pebriayani, Hesti, dkk. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas VIIIA SMPN 33 Makasar. JPF, Vol 1 (2), Hal 169-179

Permendikbud Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Porter, De Bobbi & Hernacki. (2011). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaif

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal. 7 (1). 75-86

Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi.( 2015). Penelitian Tindakan Kelas: Bumi Aksara

Trianto. (2011) Model Pembelajaran Inovatif yang Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher.

Yulianti, Eka & Gunawan Indra. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL):Efeknya terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 02 (3), 399-408 https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Downloads

Published

2022-05-20

How to Cite

Idayati, L. . (2022). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(1), 62–71. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.141