PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII

Authors

  • Solikin SMPN 1 Pule

Keywords:

Ketrampilan Menulis , Puisi Bebas, Media Gambar

Abstract

Penguasan materi pelajaran Bahasa Indonesia dalam jenjang SMP meliputi empat keterampilan berbahasa, yaitu: menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Semua itu didukung oleh unsur-unsur bahasa lainnya, yaitu: kosa tata, tata bahasa dan pengucapan sesuai dengan tema sebagai alat pencapai tujuan. Dari ke empat keterampilan berbahasa di atas, Menulis Puisi  merupakan salah satu materi  yang dirasa sering menjadi masalah bagi siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa tentang Menulis Puisi Bebas pada semester 2 sebanyak 29,2% siswa masih berada di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal). Permasalahan tersebut sangat menarik perhatian penulis untuk mencoba memaparkan topik analisa terhadap  Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Media Gambar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas VIIA  semester 2  SMP Negeri 1 Pule – Trenggalek tahun pelajaran 2019/2020,  dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Waktu pelaksanaan pada Bulan Februari sampai dengan Maret 2020

.Adapun  tujuan  yang  ingin  dicapai  dalam penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  peningkatkan  keterampilan  siswa  Menulis  Puisi  Bebas, mengembangkan strategi pembelajaran dan model pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan, dengan menggunakan media gambar. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi/ pengamatan dan pemberian test unjuk kerja siswa dengan bentuk membuat puisi bebas berdasarkan tayangan gambar. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, hasil pengamatan pada Siklus 1 mengindikasikan bahwa dari 32 siswa, hanya ada 9 siswa saja atau 37,50 % saja yang dapat mencapai KKM, dan nilai rata – rata kelas juga hanya 55,42% berarti secara klasikal belum mencapai KKM, dan juga belum tuntas karena hanya 37,50 % saja dari syarat ketuntasan secara klasikal sebesar 85 %.Dari data pada Siklus 2 terlihat bahwa, dari 32 siswa, ada 21 siswa atau 86,88 % nilainya sudah di atas KKM, dan nilai rata – rata kelas juga sudah naik menjadi 85% berarti secara klasikal mencapai KKM yang ditetapkan, yaitu 75, dan juga sudah tuntas secara klasikal karena ada 85 % lebih siswa yang sudah tuntas belajar. Akhirnya penulis menyimpulkan berdasarkan penjelasan pada pembahasan diatas bahwa tujuan penelitian yang telah dilaksanakan mengalami keberhasilan. Dengan kata lain, implementasi tindakan pembelajaran melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas dan meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antar Semi. 1990. Menulis efektif. Padang; CV Ankasa Raya. Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.

Arikunto Sukarsimi .2015. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP/M.Ts. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Djumingin, Sulastriningsih. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Teori

dan Penerapannya. UNM: Makassar

Habibati .2017.Strategi Belajar Mengajar.Aceh: Syiah Kuala University Press

Harjanto. 2006. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jaya,Farida .2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan

Keguruan,UIN Sumut.

Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: PT BPFE.

Oemar Hamalik, 1986. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi

Pendidikan Dasar dan Menengah (https://bsnp-indonesia.org/standar-isi) diakses 24 Juni

Sadiman Arief S. dkk.2012. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arif S.,dkk. 2003. Media Pendidikan:Pengertian,Pengembangan, dan

Pemanfaatannya.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Soeparno.1987. Media Pembelajaran Bahasa. Klaten: Intan Pariwara.

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, J. Herman. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Surabaya: Erlangga

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Solikin. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(2), 77–86. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/148