PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII
Keywords:
Ketrampilan Menulis , Puisi Bebas, Media GambarAbstract
Penguasan materi pelajaran Bahasa Indonesia dalam jenjang SMP meliputi empat keterampilan berbahasa, yaitu: menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Semua itu didukung oleh unsur-unsur bahasa lainnya, yaitu: kosa tata, tata bahasa dan pengucapan sesuai dengan tema sebagai alat pencapai tujuan. Dari ke empat keterampilan berbahasa di atas, Menulis Puisi merupakan salah satu materi yang dirasa sering menjadi masalah bagi siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa tentang Menulis Puisi Bebas pada semester 2 sebanyak 29,2% siswa masih berada di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal). Permasalahan tersebut sangat menarik perhatian penulis untuk mencoba memaparkan topik analisa terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Media Gambar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas VIIA semester 2 SMP Negeri 1 Pule – Trenggalek tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Waktu pelaksanaan pada Bulan Februari sampai dengan Maret 2020
.Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan keterampilan siswa Menulis Puisi Bebas, mengembangkan strategi pembelajaran dan model pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan, dengan menggunakan media gambar. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi/ pengamatan dan pemberian test unjuk kerja siswa dengan bentuk membuat puisi bebas berdasarkan tayangan gambar. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, hasil pengamatan pada Siklus 1 mengindikasikan bahwa dari 32 siswa, hanya ada 9 siswa saja atau 37,50 % saja yang dapat mencapai KKM, dan nilai rata – rata kelas juga hanya 55,42% berarti secara klasikal belum mencapai KKM, dan juga belum tuntas karena hanya 37,50 % saja dari syarat ketuntasan secara klasikal sebesar 85 %.Dari data pada Siklus 2 terlihat bahwa, dari 32 siswa, ada 21 siswa atau 86,88 % nilainya sudah di atas KKM, dan nilai rata – rata kelas juga sudah naik menjadi 85% berarti secara klasikal mencapai KKM yang ditetapkan, yaitu 75, dan juga sudah tuntas secara klasikal karena ada 85 % lebih siswa yang sudah tuntas belajar. Akhirnya penulis menyimpulkan berdasarkan penjelasan pada pembahasan diatas bahwa tujuan penelitian yang telah dilaksanakan mengalami keberhasilan. Dengan kata lain, implementasi tindakan pembelajaran melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas dan meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Antar Semi. 1990. Menulis efektif. Padang; CV Ankasa Raya. Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.
Arikunto Sukarsimi .2015. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP/M.Ts. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Djumingin, Sulastriningsih. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Teori
dan Penerapannya. UNM: Makassar
Habibati .2017.Strategi Belajar Mengajar.Aceh: Syiah Kuala University Press
Harjanto. 2006. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Jaya,Farida .2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan,UIN Sumut.
Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: PT BPFE.
Oemar Hamalik, 1986. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi
Pendidikan Dasar dan Menengah (https://bsnp-indonesia.org/standar-isi) diakses 24 Juni
Sadiman Arief S. dkk.2012. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadiman, Arif S.,dkk. 2003. Media Pendidikan:Pengertian,Pengembangan, dan
Pemanfaatannya.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Soeparno.1987. Media Pembelajaran Bahasa. Klaten: Intan Pariwara.
Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Waluyo, J. Herman. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Surabaya: Erlangga
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Solikin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.