ANALISIS PERAN ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DARING PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dian Sugiono STKIP PGRI Trenggalek
  • Angga Setiawan
  • Moh Farid Ma’ruf

Keywords:

Peran Orang Tua, Motivasi Belajar Daring Siswa

Abstract

Peran orang tua selama pembelajaran online adalah sebagai fasilitator dan pengganti guru karena sistem pembelajaran daring. Pembelajaran seperti ini tentunya membuat siswa akan merasa bosan dan jenuh sehingga kehilangan motivasi belajar, dengan demikian peran orang tua sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kembali motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada siswa kelas VI sekolah dasar. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Study Kasus. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan populasi siswa yang ada di kelas enam SDN 1 Nglongsor sehingga tidak menetapkan sampel. Sedangkan instrumen yang dipakai dalam penelitian ini diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara diberikan kepada guru dan untuk mengetahui seberapa paham siswa dalam pembelajaran yang disampaikan guru, dan untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti peran orang tua dapat meingkatkan motivasi belajar daring siswa. Dengan peran orang tua yang selalu menemani dan memberi semangat serta motivasi kepada siswa, siswa terlihat menjadi lebih tertarik untuk belajar dan terlihat lebih semangat saat mengerjakan tugas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Dian Sugiono, Angga Setiawan, & Moh Farid Ma’ruf. (2021). ANALISIS PERAN ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DARING PADA SISWA SEKOLAH DASAR . Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(2), 120–124. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/153