HUBUNGAN PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Pipit Pitaloka Mahasiswa

Keywords:

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendampingan Orang Tua.

Abstract

Dengan keikutsertaan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah diharapkan dapat meningkat hasil belajar lebih baik dari sebelumnya. Seperti di situasi pandemi saat ini, di mana anak lebih banyak belajar dari rumah sehingga orang tua memiliki tanggung jawab yang besar dalam mendampingi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif. Pengambilan sampel Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan  antara pendampingan orang tua dengan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik yang mendapatkan pendampingan orang tua mendapatkan nilai yang baik dan hasil belajar peserta didik yang tidak mendapatkan pendampingan orang tua mendapatkan nilai yang kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Duli, N. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama. Dari Ipusnas, (Online), (www.perpusnas.go.id), diakses 7 Desember 2020.

Fadilah, Eri Rizkiyanti. 2019. Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Bandung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung.

Prasetyo, Fajar. A. D. 2018. Pendampingan Orangtua dalam Proses Belajar Anak. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Qomaruddin. 2016. Pentingnya Pendampingan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak. (Online). (http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tahdzib/article/download/2211/2395), diakses 14 Desember 2020.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami, Ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (Konsep Dan Aplikasi). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Pipit Pitaloka. (2021). HUBUNGAN PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK . Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(2), 132–138. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/155