REPRESENTASI SIMBOL DALAM KUMPULAN CERITA KISAH TANAH JAWA KARYA MADA ZIDAN DAN BONAVENTURA D.GENTA

Versions

PDF

Keywords

REPRESENTASI
SIMBOL
CERITA

How to Cite

Ika Wahyu Diastika Pratiwi, & Dwi Kuncorowati. (2021). REPRESENTASI SIMBOL DALAM KUMPULAN CERITA KISAH TANAH JAWA KARYA MADA ZIDAN DAN BONAVENTURA D.GENTA . Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(2), 87–96. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/171

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan representasi simbol dalam kumpulan cerita Kisah Tanah Jawa karya Mada Zidan dan Bonaventura D.Genta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tahap-tahap dalam penelitian, meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dengan langkah-langkah, berupa membaca kumpulan cerita, menandai kalimat penting, mencatat temuan, serta mengklarifikasikan data yang berhubungan dengan simbol benda mati dan benda hidup. Teknik analisis data menggolongkan data, data disajikan dalam bentuk uraian, dan menarik kesimpulan sementara. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa representasi simbol  dibagi menjadi dua, berupa simbol bnda mati dan simbol benda hidup. Simbol benda mati meliputi, tanaman dan hewan. Tanaman berupa bunga kanthil, bunga kenanga, bunga mawar, bunga melati, bunga mawar merah, dan hewan berupa ayam cemani. Sedangkan untuk simbol benda hidup, meliputi pakaian, makanan, bangunan, dan seni. Pakaian meliputi udeng, benik, epek, bebed, timang, jarik, curiga dan keris, wiru. Makanan, meliputi ketupat, lemper, lepet. Bangunan, meliputi pendapa, pringgitan, dalem, gandhog, pawon, pekiwan. Seni berupa gamelan.

PDF

References

Danesi , Marcel. 2011. Pesan, Tanda, Makna. Yogyakarta. Jalasutra

Dharmojo. 2005. Penuturan Cerita Waropen Irian Jaya. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.

Erviana, Dian. 2018. Muatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Seni Gamelan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Dasar Negeri Kalisegoro. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Malang.

Fauzi, Yudi. 2012. Representasi Simbol Keislaman Dalam Film Kingdom Of Heaven. Surabaya. IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hasfi, Tri Wirda. 2017. Representasi Simbol Keislaman Dalam Film (Analisis Semiotik Roland Barthes Film “My Name Is Khan”). Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Hidayatun, Maria.1994. Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Kotagede: Dampaknya Terhadap Arsitektur Rumah Tinggalnya. Universitas Indonesia

Mardhatillah, Tika. 2017. Etnobotania Ritual Manusuk Sima Di Kota Kediri. Jurnal, (Online) (http://Simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.06.0099.pdf ). diaskes 17 Mei 2021

Moleong. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Prijotomo. J. 1992. Petungan: Sistem Ukuran dalam Arsitektur Jawa. Yogyakarta. Gajah Mada University Perss.

Saputri, Indah. 2021. Makna Dari Busana Adat Jawa. Online. (http://www.momebe.com/makna-dari-busana-adat-jawa-2128-eij.html ). Diakses 17 Mei 2021

Sudradjad.2005. Berternak Ayam Cemani. Jakarta. Penebar Swadaya.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, kuantitatif, R&D. Bandung. Alfabeta

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 IKA WAHYU DIASTIKA PRATIWI KOIJAN