NILAI PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DARI SEGI NILAI PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN DALAM NOVEL KAKAK BATIK KARYA SETO MULYADI

Authors

  • Pratiwi Indah Lestari STKIP PGRI Trenggalek
  • Fahrudin STKIP PGRI TRENGGALEK

Abstract

Karya sastra merupakan hasil karya kreatif penulis yang diangkat dari pengalaman kehidupan nyata penulis sendiri ataupun orang lain. Penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yakni Bagaimanakah Nilai Psikologi Tokoh Utama dari Segi Nilai Pendidikan dan Nilai Lingkungan dalam Novel Kakak Batik karya Seto Mulyadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu melukiskan kembali data yang telah dikumpulkan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang sudah diidentifikasi lewat pembacaan berulang-ulang, untuk mendapatkan gambaran dan hasil penelitian yang maksimal penulis melakukan penelitian pada novel Kakak Batik dengan melakukan pengumpulan data kemudian identifikasi, klasifikasi, kodefikasi data kemudian penyajian data guna menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini terdiri dari Nilai pendidikan meliputi kerja keras, berhati-hati/mawas diri, bertanggung jawab, pantang menyerah, mandiri, peduli sesama, kerjas sama dan pandai bergaul. Sedangakan Nilai lingkungan meliputi pengaruh lingkungan dan teman sejawat dalam novel Kakak Batik Karya Seto Mulyadi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Idi. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Jakarta PT Raja Grafindo Persada.

Burhanuddin, S. 2000. Etika individual pola Dasar Filsafat Moral. Rineka Cipta. Jakarta

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter : Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Analisis Media dalam Novel Rara Mendut karya Mangunwijaya dan Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hardati. 2015. Pendidikan Konservasi. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Lewis Thomas dan Elaine B. Johnson. 2014. Contextual Teaching Learning. Jakarta: Kaifa.

Purwanto. Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Moleong Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Pratiwi Indah Lestari, & Fahrudin. (2021). NILAI PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DARI SEGI NILAI PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN DALAM NOVEL KAKAK BATIK KARYA SETO MULYADI. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(2), 107–112. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/190