PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • SUPATMIATUN SMA NEGERI 2 TRENGGALEK

Keywords:

Keaktifan Belajar, Project based learning

Abstract

Project based learning merupakan  pembelajaran konstruktif yang berpotensi memberdayakan kemampuan kognisi tingkat tinggi, juga merupakan pendekatan kolaboratif untuk pembelajaran dalam situasi di mana mereka menggunakan bahasa otentik untuk mencapai tujuan  melalui langkah-langkah  merencanakan proyek, bekerja dalam tugas yang kompleks, menilai kinerja dari perubahannya. Penelitian bertujuan mengetahui keaktifan belajar secara daring dengan penerapan project based learning, Subyek penelitian kelas XII IPS3 SMA Negeri 2 Trenggalek dari 35 siswa, menggunakan siklus I dan siklus II karena sudah memberikan bukti keberhasilan sehingga tidak dilanjutkan ke siklus III. Setiap siklus terdiri 4 tahapan:  1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3)  observasi dan 4) refleksi. Berdasarkan penelitian project based learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktifitas belajar. Terbukti meningkatnya pemahaman materi siklus akuntansi pada perusahaan jasa yang disampaikan Guru dengan menunjukan dari Siklus I 68,47% menjadi  Siklus II  95,47% Sedang untuk peserta didik yang tidak tuntas belajar menurun dari Siklus I 31,43% ke Siklus II 4,51%.    Hal ini tidak terlepas dari keterampilan guru dalam penerapan project based learning. Hasil pengamatan  dalam proses pembelajaran mendapatkan hasil baik. Terbukti Siklus I untuk aktifitas Guru  56,41%   dan  Siklus II 65,32%   sedangkan aktifitas Peserta didik Siklus I 41,83% dan Siklus II 58,76%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah., & Saliati. 2012. Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Lentera. 12(4): 18-25.

Anita Titu, M. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Uuntuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY" Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA". Fakultas Ekonomi UNY.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Bina Aksara

Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri., & Zain, Aswin. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Fathurrohman, Muhammad. 2016. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogjayakarta: Ar-ruzz Media.

Karwati, E. & Priansa, D.J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta Rineka Cipta.

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi.2008. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wiriatmaadja. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Remajarosda Karya Bandung.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

SUPATMIATUN. (2021). PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(2), 97–106. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/248