PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENEMUKAN UNSUR-UNSUR CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW
DOI:
https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.261Keywords:
hasil belajar, cerpen, pembelajaran kooperatif, pembelajaran jigsawAbstract
Permasalahan penelitian ini “Bagaimana meningkatkan hasil belajar menemukan unsur-unsur cerpen melalui pembelajaran kooperatif Model jigsaw? Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar menemukan unsur-unsur cerpen dengan menggunakan model Jigsaw pada kelas IXB tahun pelajaran 2017/2018 di SMPN 3 Karangan. Metode dan teknik penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Variabel yang diteliti adalah hasil belajar yang dicapai peserta didik selama 2 siklus yang dirancang dalam empat kegiatan yaitu perencanaan, tindakan pembelajaran, pengamatan (observasi) serta analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 hanya 60 % peserta didik yang mempunyai nilai 70 ke atas meskipun hasil belajar siswa mencapai rata-rata 69.4. Pada siklus 2 terjadi peningkatan peserta didik yang memperoleh nilai di atas 70 sebanyak 88 % dan hasil belajar rata-rata 76 sehingga sudah melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan.
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SMP dan MTs. Jakarta: Binatama Raya.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hamalik, Omar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Majid, Abdul. (2014). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Rosda Karya
Mulyono, Abdurrahman. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadiman. dkk. (2011). Media, Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses.Jakarta: Kencana
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning.Terjemahan oleh Nurulita Yusron. 2008. Bandung: Nusa Media
Subana, M. dan Sudrajat. (2005). Dasar-Dasar penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia
Sudrajat, Ahkmad. (2008). Pembelajaran Kooperatif. (Online) http://akhmadsudrajat. wordpres.com/2008/01/29, 17 Juli 2009.u
Sutejo dan kasnadi. ( 2016). Menulis Kreatif: Kiat cepat menulis puisi dan Cerpen. Yogyakarta:Terakata
Suyatno. (2012). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC
Purwanto Ngalim, (2002). Prestasi Belajar. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Trianto,Agus, Titik Harsiati, dan E. Kosasih.. (2015). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kemendikbud.
Trisdiono, Harli. (2009). Strategi Pembelajaran Abad 21.Yogya: LPMP
Wiriaatmadja, Rochiati. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Masruroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.