PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENEMUKAN UNSUR-UNSUR CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW

Authors

  • Siti Masruroh SMPN 3 Karangan

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.261

Keywords:

hasil belajar, cerpen, pembelajaran kooperatif, pembelajaran jigsaw

Abstract

Permasalahan penelitian ini  “Bagaimana meningkatkan hasil belajar menemukan unsur-unsur cerpen melalui pembelajaran kooperatif Model jigsaw?  Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar menemukan unsur-unsur cerpen dengan menggunakan model Jigsaw pada kelas IXB tahun pelajaran 2017/2018 di SMPN 3 Karangan.  Metode dan teknik penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK).  Variabel yang diteliti adalah hasil belajar yang dicapai peserta didik selama 2 siklus yang dirancang  dalam empat kegiatan yaitu perencanaan, tindakan pembelajaran, pengamatan (observasi) serta analisis dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 hanya 60 %  peserta didik yang mempunyai nilai 70 ke atas meskipun  hasil belajar siswa mencapai rata-rata  69.4.  Pada siklus 2 terjadi peningkatan peserta didik yang memperoleh nilai di atas 70 sebanyak 88 % dan hasil belajar rata-rata 76 sehingga sudah melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SMP dan MTs. Jakarta: Binatama Raya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, Omar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, Abdul. (2014). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Rosda Karya

Mulyono, Abdurrahman. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman. dkk. (2011). Media, Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses.Jakarta: Kencana

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning.Terjemahan oleh Nurulita Yusron. 2008. Bandung: Nusa Media

Subana, M. dan Sudrajat. (2005). Dasar-Dasar penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia

Sudrajat, Ahkmad. (2008). Pembelajaran Kooperatif. (Online) http://akhmadsudrajat. wordpres.com/2008/01/29, 17 Juli 2009.u

Sutejo dan kasnadi. ( 2016). Menulis Kreatif: Kiat cepat menulis puisi dan Cerpen. Yogyakarta:Terakata

Suyatno. (2012). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC

Purwanto Ngalim, (2002). Prestasi Belajar. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Trianto,Agus, Titik Harsiati, dan E. Kosasih.. (2015). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kemendikbud.

Trisdiono, Harli. (2009). Strategi Pembelajaran Abad 21.Yogya: LPMP

Wiriaatmadja, Rochiati. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-05-20

How to Cite

Masruroh, S. . (2022). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENEMUKAN UNSUR-UNSUR CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW . Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.261