ANALISIS PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI AL-HUDA REJOWINANGUN
DOI:
https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.286Keywords:
persepsi, pembelajaran daring, pandemiAbstract
Covid-19 telah dinyatakan sebagai pandemi yang melanda di seluruh wilayah. Pandemi Covid-19 membawa dampak yang sangat signifikan di kehidupan masyarakat terutama dalam dunia pendidikan. Dengan adanya pandemi ini, salah satu langkah pembelajaran yang diupayakan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 adalah dengan cara Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di berbagai tempat pemjuru wilayah manapun, Namun pada kenyataannya tidak serta merta dari berbagai kalangan khususnya pihak orangtua sepakat dengan langkah yang di ambil pemerintah tersebut. Orangtua selaku mitra dalam dunia pendidikan sangat dikejutkan dengan adanya pembelajaran daring. Bagi sebagian masyarakat, hal itu bukan hanya di rasa mengejutkan dan aneh, namun sangat membuat merepotkan. Dengan latar belakang itulah peneliti kemudian ingin mengetahui lebih dalam mengenai persepsi orang tua terkait penyelenggaraan pembelajaran daring tersebut. Tujuan peneliti untuk mengetahui bagaimana persepsi orangtua terhadap pembelajaran daring selama Covid-19 melanda, kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring, dan dampak dari pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif” analisis, yaitu metode yang bersifat menjelaskan tentang objek yang akan diteliti, serta melihat data secara sistematis, keseluruhan dan akurat. Oleh sebab itu, untuk data yang telah dihasilkan atau yang dicatat adalah data yang sifatnya potret seperti apa adanya. Pada hasil dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa pembelajaran daring kurang berlangsung secara optimal , siswa kurang bisa menyerap materi karena sudah terbiasa belajar di sekolah, masalah jaringan, kwota, serta rasa bosan siswa dan tidak semua orang tua bisa mendampingi belajar anak, peran orang tua menjadi bertambah dan tidak semua orang tua paham dengaa perkembanngan teknologi, dan orang tua siswa tidak berasal dari kalangan yang sama. dikarenakan berbagai kendala. Jadi ini merupakan pekerjaan rumah bagi pendidik, sebagai tantangan berkreasi dan berinovasi untuk memberikan pembelajaran terhadap siswa.
Downloads
References
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E- Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.
Hadisi, L., & Muna, W. 2015. Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta'dib, 8(1), 118.
Herayanti, L., Fuadunnazmi, M., & Habibi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pda Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan, 36(2), 221.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi . Jurnal PIAUD, Volume 4, Nomor 2, 5.
Mubarok, A. A., Arthur, R., & Handoyo, S. S. (2018). Pengembangan Pembelajaran E – Learning Mata Kuliah PTM/Jalan Raya Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 7(2), 35–42. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.5
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id). Walisongo Jurnal of Information and Technology, 1(2), 154.
Ni‟mah, F. I. (2016). Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Pada Homeschooling “Sekolah Dolan.” Manajemen Pendidikan, 25(1), 112–119. http://ap.fip.um.ac.id/wp- content/uploads/2015/04/faiqotul.pdf
Purwanto, Agus dkk. (2017). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.Edupsycouns Journal. 2(1), 165–170.
Pardede, T. (2011). Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran pada pendidikan tinggi jarak jauh. Seminar Nasional FMIPA UT 2011, 1, 55–60.
Rizqullah, R. (2020). Artikel Riview Tentang E- Learning dan Pembelajaran Jarak Jauh Saat Masa Pandemi. Journal Education, 2(April).
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid -19); Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187– 192.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suprapti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.