PENGARUH GAYA HIDUP DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF

Authors

  • Muhamad Nur Fani Abdullah UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI
  • Imam Sukwatus Suja’i

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.402

Keywords:

Gaya Hidup, Medsos, Prilaku Komsumtif

Abstract

Gaya hidup mahasiswa saat ini yang cenderung konsumtif seperti lebih mementingkan gaya hidupnya dibandingkan kebutuhan penunjang perkuliahanya, contohnya mahasiswa lebih memilih membeli barang yang lagi trend di sosial media seperti membeli makanan ataupun minuman di cafe shop yang sedang hits dengan harga mahal, produk kencantikan terbaru, dan aksesoris motor dari pada uang miliknya dibuat untuk kebutuhan perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan media sosial terhadap prilaku konsumtif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Bhinneka PGRI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah kuisioner atau angket. Berdasarkan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 10,583 > 1,991 dan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 < 0,05, Sedangkan media sosial memiliki nilai thitung > ttabel (3,751 > 1,991) dan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 < 0,05.Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya hidup dan media sosial terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI dengan nilai nilai Fhitung (165,972) > Ftabel (3,11) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108

Chairani. (2019). Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku keuangan mahasiswa universitas muhammadiyah sumatera utara skripsi.

Ghozali, I. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banjar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(1), 130–137.

Kristiani, N. (2017). Analisis Pengaruh Iklam Dimedia Sosial Dan Jenis Media Sosial Terhadap Pembentukan Perilaku Kosnumtif Mahasiswa Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 24(2), 196–201.

Kuswanti, L. dan M. B. dan H. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Ppapk Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak, 1–10.

Mustomi, D., & Puspasari, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(1), 133. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i1.496

Rismayanti, & Oktapiani. (2020). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. Nusantara Journal of Economics (NJE), 02(2019), 31–37.

Risnawati, Mintarti, W., & Ardoyo. (2018). Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup, modernitas individu, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa. Jurnal Pendidikan, 3(4), 430–436.

Safura Azizah, N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 92–101.

Sari. (2019). Pengaruh gaya hidup brand minded dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pada dewasa awal di Samarinda. Psikoborneo, 7(2), 165–179.

Setiawati, M. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Pasir Pengaraian. Academia, (1).

Sugiyono. (2010). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D ). Bandung: Alfabeta,cv

Thamrin, H. (2021). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa. Komunida, 11, 1–14. https://doi.org/10.35905/komunida.v11i01

Wahyuni, R., Irfani, H., & Syahrina, I. A. (2019). Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada. Jurnal Benefita, 4(3), 548–559.

Downloads

Published

2022-09-13

How to Cite

Abdullah, M. N. F. ., & Suja’i, I. S. . (2022). PENGARUH GAYA HIDUP DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(2), 72–84. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.402