PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING METODE MIND MAPPING UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • KURNIYANTI PUJI HANDINI SMK NEGERI 2 TRENGGALEK

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.422

Keywords:

Projects Based Learning, Mind Mapping, Prestasi Belajar, Akuntansi Keuangan

Abstract

Metode pembelajaran sangat penting bagi seorang guru agar pembelajaran bisa mencapai hasil yang maksimal. Peneliti ingin mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media peta konsep bisa meningkatkan minat belajar pada siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2  Trenggalek tepatnya di Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga .  Karena ini merupakan tindakan kelas maka penelitian dilakukan dimana  guru mengajar pada kelas tersebut. Untuk pengambilan data digunakan dua angket yaitu angket aktifitas dan soal penilaian.  Angket aktifitas untuk melihat keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar dan untuk melihat tingkat kerjasama siswa. Sedangkan angket penilaian untuk melihat hasil belajar siswa dalam dua siklus. Dari hasil penelitian ternyata bahwa pembelajaran  Berbasis Projects Based Learning Melalui Metode Mind Mapping kemauan siswa dan hasil belajar siswa terbukti meningkat.  Peningkatan keaktifan anak dari siklus I sampai dengan siklus II yaitu : 70,00%  sampai 100%, peningkatan kooperatif  anak dari siklus I ke siklus II sampai dengan siklus III yaitu : 72,25% sampai 100%, peningkatan nilai anak dari siklus I sampai dengan siklus II yaitu : 67,50%  sampai 100%. Penelitian ini diharapkan dapat berkembang dan bermanfaat untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbdurrahman dan Bintoro (2000). Memahami Dan Menangani Siswa Dengan Problema Dalam pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Annisa, dkk. (2012). Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Journal of Drug Issues, Vol. 1 (1), I2302-6405

Aqib,Zainal. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual (inovatif).Bandung:CV Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Della, R.H, dkk. (2022). Strategi Pembelajaran. Literasi Nusantara: Malang

Hermawan. (2021). Macam-Macam Model Pembelajaran. Wawasan Ilmu:Banyumas

Kasanah Nur.(2013). Akuntansi Keuangan dan Profesional Bekerja Untuk SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Keselamatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan Untuk SMK Jilid 1 dan 2

Kemmis and Taggart.(1988). Action Reseach, Scoot Foresman and Co.

Kurniawan, Syamsul. (2017). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT INDEKS.

Latifah, Zulfia, A., Hidayat , H., Mulyani , H., Siti Fatimah , A., & Sholihat , A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38-50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020

Sembiring, Al Khudri, Fauziah Harahap, (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Mind map dan Project Based Learning menggunakan Concept map terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Matakuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru”, Diakses pada Januari 2020 https://adoc.pub/sp-sembiring-et-al-efektivitas-model-pembelajaran-terhadap-p.html

Siregar, Rosliana.(2014).Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 20 Nomor 75 Tahun XX Maret

Trahati, MR. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap”. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: FKIP

UNY. Diakses pada februari 2020 https://eprints.uny.ac.id/24678/1/SKRIPSI%20Melia%20Rimadhani%20Trahati%20NIM%2011108244080.pdf

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sisdiknas

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

HANDINI, K. P. . (2022). PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING METODE MIND MAPPING UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(2), 85–91. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.422