PROBLEMATIKA YANG DI HADAPI PESERTA DIDIK DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG

Authors

  • Nina Desynda Sari Universitas Bhinneka PGRI
  • Hari Subiyantoro Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.443

Keywords:

Problematika, Pembelajaran Daring, Peserta Didik, Covid-19

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Problematika yang dihadapi peserta didik SMA Negeri 1 Tulungagung dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19: Kendala jaringan yang tidak memadai, 2) Untuk mendeskripsikan Problematika yang dihadapi peserta didik SMA Negeri 1 Tulungagung dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 : kesulitan memahami materi, 3) Untuk mendeskripsikan Problematika yang dihadapi peserta didik SMA Negeri 1 Tulungagung dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19: aplikasi yang dipakai sering menjadi kendala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring ( online) di SMA Negeri 1 Tulungagung adalah kendala jaringan yang tidak memadai, 2) Problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring ( online) di SMA Negeri 1 Tulungagung adalah kesulitan memahami materi, Problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring ( online) di SMA Negeri 1 Tulungagung adalah aplikasi yang dipakai sering menjadi kendala..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N. (2015). Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah dari Aspek Pembelajaran).

Jurnal Pendidikan, 1(Vol. 1 Januari 2015: Jurnal Pendidikan), 41–74.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Apriliana, N. M. A. S. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas Iv Mi Bustanul Mubtadin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, 1–77.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 496– 503.

Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala, dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. JOURNAL INDUSTRIAL ENGINEERING & MANAGEMENT RESEARCH ( JIEMAR), Vol.1(2), 16.

Haryadi, R., & Selviani, F. (2021a). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261.

Haryadi, R., & Selviani, F. (2021b). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DI

MASA PANDEMI COVID-19 Pendidikan Fisika , Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

AoEJ: Academy of Education Journal, 12, 254–261.

Henry Aditia Rigianti. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH

DASAR DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Jurnal Elementary School, 7, 151–156. Krisbiantoro, F., Hairunisya, N., &

Purwonanti, Y. S. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring ( Online ) Dimasa Pandemi Covid- 19 di UPT SD Negeri

Pulerejo 02 Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Jurnal Pendidikan

Tambusai, 5(3), 7801–7810.

Latifah, R., & Hidayati, F. H. (2021). Problematika Guru dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Yogyakarta. Polynom: Journal in Mathematics Education, 1(1), 36–43. http://ejournal.uin- suka.ac.id/tarbiyah/Polynom/article/view/4225

Mukminah, M., Wijaya, H., & Hirlan, H. (2021). Problematika Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Mertak Tombok. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), 320–326.

https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1700

Nabila, N. A. (2020). Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jurnal Pendidikan, 01(01), 1689–1699.

https://psyarxiv.com/an4vq/download

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.

Puput Indawati, Veneshia Auralia Medida, P. O. N. (2020). Problematika Pada Pembelajaran Daring Dan Tingkat Pencapaian Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ajar Ips: Sebuah Studi Kasus Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pendidikan IPS, 2, 371–382.

Rahayu, A. D. dan M. S. H. (2021). Sarana dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(1), 186–199.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.

Biodik, 6(2), 214–224.

Widodo, A., & Nursaptini. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Dalam Perspektif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(2), 102–115.

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Sari, N. D. ., & Subiyantoro, H. . (2022). PROBLEMATIKA YANG DI HADAPI PESERTA DIDIK DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(2), 126–133. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.443