PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Keywords:
Prestasi Belajar, Problem Based Learning, IPSAbstract
Kemampuan dan keterampilan guru dalam menggunakan berbagai model, metode, media dan strategi pembelajaran dituntut terus ditingkatkan. Salah satu tolok ukur untuk menilai keefektifan pembelajaran adalah menggunakan hasil yang dicapai siswa dalam belajar, diantaranya dapat dilakukan melalui upaya memperbaiki proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara objektif peningkatan prestasi belajar IPS melalui model Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus tetapi sebelumnya, peneliti melaksanakan tahapan prasiklus. Selanjutnya peneliti mengadakan tes formatif. Hasil pada setiap siklus menunjukkan peningkatkan. Ketuntasan belajar pada siklus 1 adalah 71,87% dan siklus 2 menjadi 90,62%. Itu berarti peningkatannya 18,75%. Dengan demikian, pembelajaran model problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi pendistribusian kembali pendapatan nasional pada siswa kelas VIII B SMPN 1 Pule Kabupaten Trenggalek semester II tahun pelajaran 2018-2019.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Psikologi.Jakarta: Bumi Aksara Arends, 2004, Model Pembelajaran PBL. Yogjakarta : Lumbung Pustaka
Aunurrahman.2009. Belajar Dan Pembelajaran.Bandung :Alfabeta Djamarah.2008.Belajar Ideal.Solo :Trisula Kemendikbud. 2001. Modul Pelatihan Guru IPS SMP .Jakarta :Perbuk
Porwadarminto. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia.Yogjakarta: Balai Pustaka
Mahmud, Dimyati. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : P2LPTK
Mukminan, 2017, Buku IPS Kelas VIII SMP/Mts. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta : Lumbung Pustaka
Yulita. 2008. Psikologi Pendidikan, Bandung : UNPAD
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Mutrikah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.