PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Mutrikah SMPN 1 Pule Trenggalek

Keywords:

Prestasi Belajar, Problem Based Learning, IPS

Abstract

Kemampuan dan keterampilan guru dalam menggunakan berbagai model, metode, media dan strategi pembelajaran dituntut terus ditingkatkan. Salah satu tolok ukur untuk menilai keefektifan pembelajaran adalah menggunakan hasil yang dicapai siswa dalam belajar, diantaranya dapat dilakukan melalui upaya memperbaiki proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara objektif peningkatan prestasi belajar IPS melalui model Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus tetapi sebelumnya, peneliti melaksanakan tahapan prasiklus. Selanjutnya peneliti mengadakan tes formatif. Hasil pada setiap siklus menunjukkan peningkatkan. Ketuntasan belajar pada siklus 1 adalah 71,87% dan siklus 2 menjadi 90,62%. Itu berarti peningkatannya 18,75%. Dengan demikian, pembelajaran model problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi pendistribusian kembali pendapatan nasional pada siswa kelas VIII B SMPN 1 Pule Kabupaten Trenggalek semester II tahun pelajaran 2018-2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Psikologi.Jakarta: Bumi Aksara Arends, 2004, Model Pembelajaran PBL. Yogjakarta : Lumbung Pustaka

Aunurrahman.2009. Belajar Dan Pembelajaran.Bandung :Alfabeta Djamarah.2008.Belajar Ideal.Solo :Trisula Kemendikbud. 2001. Modul Pelatihan Guru IPS SMP .Jakarta :Perbuk

Porwadarminto. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia.Yogjakarta: Balai Pustaka

Mahmud, Dimyati. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : P2LPTK

Mukminan, 2017, Buku IPS Kelas VIII SMP/Mts. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta : Lumbung Pustaka

Yulita. 2008. Psikologi Pendidikan, Bandung : UNPAD

Downloads

Published

2020-11-20

How to Cite

Mutrikah, M. (2020). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 6(2), 1–10. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/47