PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN GERAK MANUSIA MELALUI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING

Authors

  • Lilik Fatmawatri SD Negeri 2 Suruh

Keywords:

hasil belajar, organ gerak manusia, Active Knowledge Sharing

Abstract

Pembelajaran konvensional dengan dominasi guru melalui ceramah dan penugasan mengakibatkan siswa pasif dan monoton. Dengan demikian, hasil belajar siswa cenderung rendah di bawah KKM yang ditetapkan sekolah. Penelitian Tindakan Kelas ini menerapkan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Aktif). Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar IPA materi organ gerak manusia melalui metode Active Knowledge Sharing pada siswa kelas V semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 di SD Negeri 2 Suruh Kabupaten Trenggalek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 18 anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70.56, sedangkan pada siklus II sebesar 77.22. Hal ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 6.66. Persentase ketuntasan juga mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar sebesar 72.22%, sedangkan persentase ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 94.44%. Hal ini berarti terjadi kenaikan persentasi ketuntasan belajar sebesar 22.22%.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Aktif) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar sehingga hasil belajar juga meningkat. Oleh karena itu guru disarankan untuk memilih metode pembelajaran sesuai dengan karakeristik materi pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Aziz Wahab. 2009. Metode dan Model-model Mengajar. Bandung : Alfabeta

Andi Prastowo. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta : Diva Press

Arikunto, Suharsimi, dkk.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Sinar Grafika

Depdiknas. 2006. Fungsi Mata Pelajaran IPA. arinil.wodpress.com/tag/fungsi-mata-pelajaran-ipa/

Dewi, Asri Nafi’a. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar

Siswa SMA 2 Karanganyar. Surakarta : Univesitas Sebelas Maret

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamzah. B. Uno. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Hidayati, N. 2009. Manfaat Bermain bagi Perkembangan Anak.

Silberman, Melvin L. 2011. Active Learning. : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Alih Bahasa Mutaqin. Bandung : Nusamedia

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya : Jakarta. PT.Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Trianto, 2011. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta : Kencana

Wiriaatmadja, Rochiati.2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas: untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran aktif. Yogyakarta : Insan Madani

Downloads

Published

2020-11-20

How to Cite

Fatmawatri, L. . (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN GERAK MANUSIA MELALUI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 6(2), 11–21. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/48