PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wahyu Nurmalasari STKIP PGRI Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v9i1.488

Keywords:

Penilaian autentik, Bahasa Indonesia, Membaca Pemahaman

Abstract

Penilaian merupakan salah satu hal penting yang dilaksanakan dalam proses pendidikan untuk melihat tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran. Penilaian pembelajaran membaca pemahaman kelas IV belum sesuai dengan kompetensi siswa. Guru kelas IV SDN Sawojajar 4 masih merasa kesulitan dalam penilaian proses belajar siswa. Kendala yang ditemukan pada penerapan penilaian yang dilakukan yaitu pembuatan kisi-kisi dan instrumen penilaian autentik. Maka dari itu, dikembangkan instrumen penilaian autentik pada pembelajaran membaca pemahaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) dengan model pengembangan asesmen autentik O’Malley & Pierce. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan instrumen penilaian autentik pada pembelajaran membaca pemahaman kelas IV, (2) Menguji kelayakan instrumen penilaian autentik dari segi keterlaksanaan, keterbacaan, dan kepraktisan oleh uji coba ahli materi dan evaluasi, uji keterlaksanaan, uji keterbacaan, dan uji kepraktisan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN Sawojajar 4 dengan subjek penelitian siswa kelas IV sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian ini adalah ditunjukkan tingkat kelayakan ahli materi dan evaluasi tergolong layak (92%) sesuai kriteria, tingkat keterbacaan tergolong layak (88,7%) sesuai kriteria, tingkat keterlaksanaan tergolong layak (87,5%) sesuai kriteria, dan tingkat kepraktisan tergolong layak (89,2%) sesuai kriteria. Berdasarkan data di atas, produk berupa instrumen penilaian autentik pada pembelajaran membaca pemahaman tergolong layak digunakan untuk menilai pembelajaran membaca pemahaman untuk SD kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arifin, Zaenal. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7–14.

Basuki, Ismet, dan Hariyanto. (2015). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2013). Panduan Teknis: Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Mueller, J. (2014). The Authentic Assessment Toolbox: Enhancing Student Learning through Online Faculty Development. Journal of Online Learning and Teaching, 1(1).

Muslich, Masnur. (2011). Authentic Assesment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama.

O'Malley, J., M., & Pierce, L., V. (1996). Authentic Assesment for English Language Learners Practical Approach for Teacher. USA: Addison-Wesley Publishing.

Pantiwati, Y. (2013). Hakekat Asesmen Autentik dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, (1), 1-10.

PIRLS. (2011). PIRLS 2011 International Result In Reading. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Poerwanti, J. I. S. (2014). Pengembangan Model Asesmen Autentik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 21(2), 1-7.

Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswono, T. (2002). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya: 51-57.

Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2023-05-14

How to Cite

Nurmalasari, W. (2023). PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(1), 30–43. https://doi.org/10.55933/jpd.v9i1.488