PENINGKATAN KARAKTER NASIONALISME ANAK BANGSA MELALUI LAGU NASIONAL DI SEKOLAH PERBATASAN

Authors

  • Sely Ayu Lestari IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v9i1.489

Keywords:

Nasionalisme, Lagu Nasional, Daerah Perbatasan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan karakter nasionalisme melalui lagu nasional di daerah perbatasan. Objek penelitian ini adalah siswa SDN Tondomulo 3. Penelitian dengan desain pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Di harapkan dengan menggunakan pendekatan ini problematika yang terjadi dilapangan dapat dideskripsikan dengan mudah jelas. Hasil dari penelitian upaya meningkatkan karakter nasionalisme ini (1) Internalisasi etika dan nilai, melalui pengajaran dari makna lagu wajib nasional, (2) memberikan tauladan dan contoh dari pengalaman lagu nasional dari sikap dan perilaku guru (3) Pembiasaan penggunaan lagu wajib nasional, jika sesuatu hal diulang secara terus menerus maka hal itu akan menjadi suatu kebiasaan (4) Sekolah harus memiliki visi dan misi yang sesuai dengan semangat nasionalisme. Pelaksanaan peningkatan karakter nasionalisme pada anak anak di sekolah perbatasan memiliki berbagai kendala, salah satu kendala yang paling menonjol adalah siswa disekolah perbatasan cenderung menutup diri dan tidak bisa berbaur dengan dunia luar, hal ini mengakibatkan susahnya peningkatan nasionalisme, solusinya adalah memberikan motivasi serta semangat dan mengajak siswa untuk berinteraksi dengan dunia luar. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah karakter nasionalisme bisa dibentuk dan ditingkatkan kepada anak anak perbatasan melalui lagu nasional yang di praktikan dengan sikap cinta tanah air oleh lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, K., & Mustamil, A. K. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Vol 57.

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Itsnaini , F. M. (2021). Lagu Wajib Nasional Hanya Satu, Ini Bedanya dengan Lagu Nasional.

Jakarta: https://news.detik.com/berita/d-5479386/lagu-wajib-nasional-hanya-satu-ini-bedanya-dengan-lagu-nasional.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2023). Nasionalisme. Jakarta: Hak Cipta Badan

Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa).

KBBI. (2023). Karakter. Jakarta: Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa).

Koesoema, R., & Djoko, S. (2020). Penguatan Nilai dan Karakter Nasionalisme Melalui Lagu Wajib Nasional di MIM Muhammadiyah Tanjungsari Boyolali. Buletin KKN Pendidikan.

Muliati, B., & Sari, R. (2018). Menanamkan Karakter Bangsa Melalui Lagu Lagu Patriotik Bagi Peserta Didik Tingkat Pendidikan Dasar. http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article.

Printina, B. I. (2011). Strategi Pembelajaran Berbasis Lagu Lagu Perjuangan Dalam Konteks Kesadaran Nasionalisme. Agastya : Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya.

Rukayat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: 2018.

Satrio. (2011). Peningkatan Motivasi belajar Bernyanyi Lagu Nasional Melalui Pemanfaatan Media Audiovisual di SDN Pejuang VII Medan Satria Bekasi. Jurnal Ilmiah PGSD Volume III No 2.

Soegeng. (2015). Etika Nilai Nilai Pembentuk Pancasila. Yogjakarta: Magnum Pusaka Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtatif, dan R & D. . Bandung: Alfabeta.

Undang Undang Dasar Republik Indonesia. (1945). Pasal 31 Ayat 1. Jakarta: Pemerintah RI.

Undang Undang Republik Indonesia No 20 Tahun. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Indonesia.

Widjanarko, P. (2019). Penanaman Karakter Melalui Lagu Lagu Nasional di PAUD Pelita Harapan Bangsa Kota Tegal. Jurnal Paudia Vol 8 No 2 .

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Lestari, S. A. (2023). PENINGKATAN KARAKTER NASIONALISME ANAK BANGSA MELALUI LAGU NASIONAL DI SEKOLAH PERBATASAN . Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(1), 24–29. https://doi.org/10.55933/jpd.v9i1.489