PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
PDF

Keywords

hasil belajar
Bahasa Indonesia
metode demonstrasi

How to Cite

Maryati, T. (2020). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 6(2), 22–31. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/49

Abstract

Pembelajaran dengan metode ceramah dan pemberian tugas mengakibatkan siswa pasif sehingga hasil belajar belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Untuk itu diadakan perubahan metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa yaitu demonstrasi. Metode ini memberikan kesempataan kepada siswa untuk mempraktikkan materi yang sedang dipelajari. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dalam mengidentifikasi perubahan wujud benda pada siswa kelas III semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 di SD Negeri 2 Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Subyek penelitian ini adalah siswa klas III semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 13 anak. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dengan nilai rata-rata sebesar 70.71 telah mencapai KKM 70. Ketuntasan klasikal sebesar 69.23% belum mencapai indikator penelitian sebesar 85% . Pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 76.92 telah memenuhi KKM 70 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 91.31% telah melampaui indikator penelitan sebesar 85%. Nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 6.21, dan ketuntasan belajar klasikal meningkat 23.08%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi mengidentifikasi perubahan wujud benda pada siswa kelas III semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 di SD Negeri 2 Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek.

PDF

References

Ali, Mohammad. 2010 Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik, Edisi Keenam.Jakarta: Media Grafika

Arikunto, Suharsimi, dkk.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Depdiknas. 2006. Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta : Tidak

diterbitkan.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana.2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Kosasih. E. 2014. Strategi Belajar dan pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya

Mohammad Doyin. 2009. Bahasa Indonesia Pengantar Karya Ilmiah. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.Rineka.

Suryabrata, Sumadi. 2005. Spikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sutratinah Tirtonegoro. 2001. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional

Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syaiful, Sagala. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Winataputra, Udin,dkk. 2005 Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Universitas Terbuka

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Tatik Maryati