MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI AL-QUR’AN-HADITS
DOI:
https://doi.org/10.55933/jpd.v9i1.490Keywords:
al-qur’an, hadits, model blended learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Al-qur’an Hadits dengan menerapkan model pembelajaran blended learning. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Hal ini berarti kesempatan belajar makin banyak dan optimal serta guru menunjukkan keseriusan saat mengajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula melakukan dalam bentuk interaksi belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 semester 1. Model blended learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (61,16%), siklus II (72,97%), siklus III (89,18%). Data yang diperoleh berupa hasil tes ulangan harian, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Downloads
References
Abroto, Maemonah, Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blanded Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3 No. 5.
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara
Himawan, P. (2018). Model Pembelajaran Sistem Perilaku. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Istianingsih, S.& Hasbullah. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran. Jurnal Elemen. Vol. 1, No. 1
Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.
Nugraha, D.G.A.P., Astawa, I.W.P, & Ardana, I.M.(2019). Pengaruh Model Pembelajaran Blanded Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Kelancaran Prosedur Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Vol. 6 No.1
Nasution, S.N., Jalinus,N. (2019). Model Blended Learning. Riau: Unilak Press
Nurrita, T.(2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Menngkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, Vol. 3 No. 01
Octavia,S.A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Sleman: CV Budi Utama
Oktavia,D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Figih di Kelas V MI Al-Hidayah. Lamongan: Unisla Press
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media
Sugiarti.(2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Y Ramawija.
Susandi, A. (2017). The Influence Model Blended Learning of Social Sciences Subjects Respecting Indonesian Ethnic and Cultural Diversity to Increasing Activity and Learning Outcomes of Grade V Student in Elementary School 1 Purwoharjo Banyuwangi Distric Year 2015/2016. Pancaran Pendidikan, Vol, 6 No.3 DOI: 10.25037/pancaran.v6i3.44
Utami.I.S. (2017). Praktikalitas Model Blended Learning Pada Pembelajaran Jaringan Dasar di SMK. Jurnal Iptek Terapan,Vol. 11
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nanang Ashari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.