PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MEDIA GAMBAR
PDF

Keywords

hasil belajar
lingkungan alam dan buatan
media gambar

How to Cite

Kantun, S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MEDIA GAMBAR. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 6(2), 32–42. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/50

Abstract

Hasil belajar IPS materi lingkungan alam dan buatan masih siswa kelas III SDN 1 Suruh belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Hal ini nampak dari 73% lebih siswa belum mencapai ketuntasan. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 1 Suruh dengan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Tahapan pada penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Suruh pada materi IPS lingkungan alam dan buatan. Pada siklus I persentase siswa tuntas 73.68%. Pada siklus II persentase siswa tuntas 94.74%. Secara klasikal hasil akhir pembelajaran telah mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi lingkungan alam dan buatan pada siswa kelas III semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 1 Suruh, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek.

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamzah, Amir. 1981. Media Pembelajaran Audio-Visual. Jakarta: Gramedia Anggota IKAPI

Purwanto, N, dan Alim, D. 1997. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Bagian Proyek Pengadaan Buku Bacaan Untuk Anak-anak.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Renaja Rosdakarya.

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Sadiman, Arief S. 2003. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Grafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Sri Kantun