PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA TEKS BERITA MENGGUNAKAN MEDIA TEKS BERJALAN
PDF

Keywords

Bahasa Indonesia
Hasil Belajar
Media Teks Berjalan

How to Cite

Suparni, S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA TEKS BERITA MENGGUNAKAN MEDIA TEKS BERJALAN. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 6(2), 43–52. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/51

Abstract

Keterampilan membaca teks berita siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pule tahun ajaran 2014-2015 semester 1 masih rendah. Untuk meningkatkan keterampilan membaca teks berita siswa, peneliti menggunakan media teks berjalan untuk mempermudah pembelajaran membaca teks berita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca teks berita menggunakan media teks berjalan. Subjek penelitian yakni siswa kelas VIII B semester 1 tahun ajaran 2014-2015 di SMP Negeri 1 Pule Trenggalek. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui lembar kerja siswa dengan tes membaca teks berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media teks berjalan mampu meningkatan keterampilan
membaca teks berita pada siswa kelas VIII B semester 1 SMP Negeri 1 Pule Trenggalek tahun ajaran 2014-2015, dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 71,09, sedangkan pada siklus 2 yaitu 82,5, sehingga kenaikan rerata hasil belajar sebesar 11,41. Saran dari penelitian tindakan kelas ini adalah perlu digunakannya metode pembelajaran baru salah satunya dengan menggunakan media belajar untuk meningkatkan kreatifitas maupun minat siswa dalam pembelajaran.

PDF

References

Arikunto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alafabeta

Kurniadi, F. S. 2011. Peningkatan Keterampilan Membacakan Teks Berita dengan Teknik Meet The Guest pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Rembang (Skripsi). Universitas Negeri Semarang

Nuriadi. 2008. Teknik Jitu Menjadi Pembaca Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahim, F. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uripto, A. 2011. Peningkatan Keterampilan Membacakan Teks Blado Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2011/2012 (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Suparni