HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
PDF

Keywords

Fasilitas Belajar di Rumah
Hasil Belajar
Mata Pelajaran PPKn

How to Cite

Ekasari, S. N., & Setiyono, Y. (2020). HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 6(2), 53–62. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/52

Abstract

Fasilitas belajar di rumah sangat membantu siswa dalam hal pengerjaan tugas yang diberikan oleh guru yang harus dikerjakan di rumah. Dengan adanya fasilitas belajar di rumah yang cukup memadai, diharapkan proses belajar akan menyenangkan, memberikan semangat tinggi dan mempengaruhi hasil belajar siswa meningkat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan bersifat korelasi yang menggunakan subjek penelitian sample siswa kelas X MIPA yang berjumlah 105 siswa. Pengumpulan data fasilitas belajar di rumah dengan angket, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan Product Moment dengan taraf signifikan 5%. Sebelum pengujian hipotesis, instrument terlebih dahulu diadakan pengujian validitas butir dan reliabilitas butir yang dilakukan pada 37 responden. Setelah instrument dinyatakan valid dan reliabel data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Trenggalek. Dari data fasilitas belajar di rumah diperoleh mean (11,8), median (13), modus (14), dan standar deviasi (3,3). Hasil belajar mata pelajaran PPKn diperoleh mean (78), median (80), modus (80), dan standar deviasi (9,1). Berdasarkan hasil penelitian, hubungan antara fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar siswa diperoleh nilai 0,629> rtabel0,195 pada taraf signifikan 5% h0 ditolak dan
Ha diterima. Hasil tersebut dapat disimpulkan ada hubungan antara fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas X MIPA.

PDF

References

Arikunto, Suharsimi, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dalyono, (2001). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Depdiknas, (2018), Undang-undang Nomor 20 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta, (https://books.google.co.id), diakses pada tanggal 5 April 2020.

Muhroji, dkk, (2004). Fasilitas Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta, (https://books.google.co.id), diakses pada tanggal 5 April 2020

Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara, (https://books.google.co.id), diakses pada tanggal 21 Maret 2020

Sudjana, Nana, (2000). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Siti Nur Ekasari, Yudi Setiyono