PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATERI TEKS DISKUSI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • DYAN SISCA ANINDYAH STKIP PGRI TRENGGALEK
  • ROHMAT FEBRIANTO STKIP PGRI TRENGGALEK

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v9i2.522

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur pengembangan E-Modul Interaktif dan untuk menguji kelayakan E-Modul Interaktif sebagai media pembelajaran, Penelitian ini dilakukan dengan metode R&D (Reserch and Development) dengan subjek penelitian ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran bahasa Indonesia, dan seluruh siswa kelas X TO-TKRO 3 SMK N 1 Trenggalek, tahapan pengembangan produk dilakukan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni Analysis (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implementation (implemenatasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Trenggalek pada kelas X TO-TKRO 3, dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, kuisoner dan wawancara. Uji coba lapangan dilakukan pada guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan seluruh siswa kelas X TO-TKRO 3 SMK N 1 Trenggalek, uji coba terhadap siswa yang dilakukan peneliti terhadap siswa kelas X TO-TKRO 3 SMK N 1 Trenggalek dilakukan dengan tiga uji coba. Uji coba perorangan yang dilakukan pada 6 siswa, uji coba kelompok kecil 15 siswa, dan uji coba kelompok besar 36 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan E-Modul Interaktif Bahasa Indonesia Materi Teks Diskusi mendapatkan nilai rata-rata kesuluran dari uji yang dilakukan diperoleh nilai 89% maka dapat disimpulkan bahwa E-Modul Interaktif Bahasa Indonesia Materi Teks Diskusi sangat layak dijadikan media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainin, Moh. (2013). Penelitian Pengembangan dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Okara: Jurnal Bahasa dan Sastra (Online), II (8): 96-110, (https://ejournal.iainmadura.ac.id/index .php/okara/article/download/449/435), diakses pada 19 November 2022

Branch, R. M. (2009). Intructional Design:The ADDIE Approach. New York. Spinger Science, Google Book, (Online), Doi: 10.1007/978-0-387-09506-6. Diakses pada 26 Desember 2022

Laili, dkk. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (Online), 3 (3): 306-315 (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/Download/21840/13 513), diakses pada 25 November 2022

Isroi, (2005). Trik Desain Presentasi dengan PowerPoint. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo. Google Book (Online), (https://www.google.co.id/books/edition/Trikdesainpresentasi powerpoint+cd/cufsWCSBW4gC?hl=id), diakses 27 Mei 2023

Magdalena, dkk. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan dan Sains (Online), 2 (2):257, (https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php /bintang/article/download/986/680/), diakses pada 26 Mei 2023

Marlina, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. Google Book, (Online)(https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan _media_pembelajaran_SD_MI/pdM6EAAAQBAJ?hl=id), diakses pada 27 Mei 2023

Nugraha, Tono Supriatna. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran (Online), 19 (2): 251-262, (https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article /view/45301/pdf), diakses pada 2 Desember 2022

Nugraha, Tono Supriatna. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran (Online), 19 (2): 251-262, (https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article /view/45301/pdf), diakses pada 2 Desember 2022

Putri, Noviyati Rahardjo dkk. (2022). Kesehatan Reproduksi Remaja. Padang: Get Press. Google Book (Online), (https://www.google.co.id/books/edition/Kesehatan_Reproduksi_Remaja /60Z9AAAQBAJ?hl=id), diakses pada 2 Desember 2022

Septiani dan Afiani, (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cokokol 2. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Online), 2 (1):17, (https://ejournal .stitpn.ac.id/index.php/assabiqun/article/download /611/429), diakses pada 27 Mei 2023

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Sugihartini, Nyoman & Yudiana, Kadek. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Online), 15 (2): 277-286, (https://ejournal.undhiksha.ac .id/index.php.JPTK/article/download/14892/9446/20269), diakses pada 12 November 2022

Surjono, H.D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan, Edisi 1. Yogyakarta: UNY Press

Utami, Maulida. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam (Online), (https://stai-binmadani.e-journal.id/ Tarbawi/article/view/392)

Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Pertama. Jakarta: Kencana. (Online), (https://books.google.co.id/books?id=2uZeDWAAQBAJ&printsec=frontcover& dq=2uZeDWAAQBAJ&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjHzODom_PnAHXOZCsKHShzAEAQ6AEIMTAB#v=onepage&q&f=false), diakses pada 24 Desember 2022

Downloads

Published

2023-09-23

How to Cite

SISCA ANINDYAH, D. ., & FEBRIANTO, R. . (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATERI TEKS DISKUSI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(2), 84–94. https://doi.org/10.55933/jpd.v9i2.522