IMPLEMENTASI PERMENDIKBUD NOMOR 20 TAHUN 2018 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
PDF

Keywords

Implementasi
Penguatan
Pendidikan Karakter

How to Cite

Ma’ruf, M. F. (2020). IMPLEMENTASI PERMENDIKBUD NOMOR 20 TAHUN 2018 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 6(2), 93–102. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/56

Abstract

Pemerintah menerbitkan Permendikbud nomor 20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal untuk mewujudkan bangsa yang berbudaya melalui penguatan nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab, perlu penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimanakah implementasi Permendikbud nomor 20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter di SMPIP Nurul Hikmah ditinjau dari muatan kurikulum, kegiatan pembiasaan dan kemitraan dengan keluarga dan masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif yang terdiri dari koleksi data, display data, reduksi data. Hasil penelitian ini menggambarkan implementasi pendidikan karakter dari segi kurikulum dilakukan dengan adanya mata pelajaran tambahan. Dari segi pembiasaan, dilakukan dengan adanya shalat dhuha, tadarus al Qur’an, jama’ah shalat dzuhur, kultum, bakti sosial, shalawatan. Dalam hal sinergi dengan keluarga dan masyarakat dilakukan kerjasama dengan keluarga dan instansi terkait

PDF

References

Al-Anwari, Amirul Mukminin. 2014. Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Jurnal Ta’dib. Volume XIX. Nomor 2

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif untuk ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humaniora.

Kemendikbud. 2018. Infografis Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Dalam website: https://www.kemendikbud.go.id. Diakses 24 November 2018.

Kurniawam, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruz Media.

Purwanto, Nanang. 2014. Pengantar Pendidikan.Yogyakarta: Penerbit Ruko Jambusari.

Setiawati, Nanda ayu. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Volume 1. Nomor 1.

Sriwilujeng Dyah. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlingga.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Moh. Farid Ma’ruf