PENGARUH MEDIA CARD TABLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 4-5 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.55933/jpd.v10i1.632Abstract
Salah satu bidang pengembangan bahasa adalah mengenal huruf, berdasarkan hasil observasi di Lembaga PAUD kemampuan mengenal huruf hijaiyah kurang optimal, hal ini disebabkan kurangnya media pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media card table terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan yaitu one group pre test and post test design. Subjek penelitian dilakukan pada anak usia 4-5 di TK Nurul Huda Soko Tuban kelompok A. Berdasarkan hasil penelitian, data pretest sebesar 57% yang didapat dari jumlah yang masih relatif rendah. Sedangkan data post-test sebesar 61% yang didapat dari hasil observasi sehingga memperoleh hasil yang lebih tinggi dari hasil pre-test. Media card table dapat meningkatkan kemampuan bahasa terutama mengenal huruf hijaiyah dengan cara bermain sesuai tahapannya. Penggunaan media card table sebagai sarana media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan mengenal dan mengurutkan huruf hijaiyah, dan memasangkan jumlah kartu dengan lambang huruf hijaiyah.
Downloads
References
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Asfiyaturrofiah, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Media Flash Card Pada Anak Kelompok A di RA Al Huda, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(3), 237–242.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113.
Iqromah, F. (2018). Identifikasi Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Di TK Se-Kecamatan Samigaluh Kulon Progo. Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(1), 11–24.
Kamila, K., & Nugrahani, R. (2021). Analisis Data Ahli Materi Pada Media Busy Book Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Di Kb Kartini Sedayulawas Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. GCEJ (Golden Childhood Education Journal), 2(1), 20–25.
Nugrahani, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Media Kartu Bergambar Di Tk Islam Sultan Agung Blimbing-Paciran-Lamongan. Prosiding SNasPPM, 7(1), 888–893.
Pasaribu, M., & Mukhrimah, N. A. (2022). Efektifitas Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah. Journal on Teacher Education, 4(2), 1190–1200.
Permata, R. D., & Nugrahani, R. (2022). Desain Media Pembelajaran Puzzle Book Untuk Menstimulasi Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Prosiding SNasPPM, 7(1), 755–759.
Sitepu, E. N. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242–248.
Sujiono, B., Sumantri, M. S., & Chandrawati, T. (2014). Hakikat Perkembangan Motorik Anak. Modul Metode Pengembangan Fisik, 1–21.
Wasalmi, W., Mutmainnah, M., & Nurulista, N. (2023). Sosialisasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Media Kartu Di TK Islam Al-Amanah. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 166–172.
Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mufidatul Viqriyah, Risma Nugrahani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.