KETERLAKSANAAN IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING PENGUATAN PROFIL PELAJAR TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Amelia Khoirun Nisa Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dumiyati Dumiyati Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v9i2.633

Abstract

Seiring perkembangan dan perubahan zaman diikuti pula dengan perkembangan di dunia pendidikan. Salah satu bentuk perubahan di bidang pendidikan adalah perubahan kurikulum. Kurikulum terbaru yang diterapkan di Indonesia saat ini adalah kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan program yang sangat sejalan dengan tujuan peningkatan mutu pendidikan. Salah satu sarana untuk mengupayakan peningkatan mutu pendidikan dalam kurikulum merdeka adalah dengan memperhatikan proses manajemen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh perencanaan Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Tema Kewirausahaan) terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan (2) pengaruh pengorganisasian dan implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Tema Kewirausahaan) terhadap Peningaktan Mutu Pendidikan (3) pengaruh pengawasan Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Tema Kewirausahaan) terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan (4) pengaruh capaian hasil belajar siswa Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Tema Kewirausahaan) terhadap Peningaktan Mutu Pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang diberikan kepada 51 responden. Hasil penelitian adalah Keterlaksanaan Implementasi Project Based Learning Penguatan profil Pelajar Pancasila (Tema Kewirausahaan) berpengaruh secara positif tehadap Mutu Pendidikan dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05 dan t hitung sebesar 2,704 > 2,011.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiati, S. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di . J. Lingk. Mutu Pendidik, 61–72.

Fajriansyah, I., Syafi’i, I., & Wulandari, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Sikap Mandiri Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1570-1575.

Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 1 Kota Sukabumi. Prim. J. , 1659–1669.

Hendri, N. (2020). Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech , 1-29.

Kemendikbudristek. (2022). Projek Penguatan.

Melina, & Pasaribu, I. L. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Proses . JPM-UNITA, 43–53.

Pahleviannur, M. R., Grave, A. D., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., . . . Sinthania, D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif . Pradina Pustaka.

Prajitno, S. B. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Roflin, E., & Liberty, I. A. (2021). Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. Pekalongan: Penerbit NEM.

Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. J. Basicedu, 7486–7495.

Sudarsana, I. K. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. J. Penjaminan Mutu, 0-14.

Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. J. Isema Islam. Educ. Manag, 257–266.

Yuhasnil & Anggreni,S. (2020). Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. ALIGNMENT:Journal of Administration and Educational Management,Volume 3, Nomor 2, DOI : https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1580

Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila . LIK - Lembaran Ilmu Kependidikan.

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Khoirun Nisa, A. ., & Dumiyati, D. (2023). KETERLAKSANAAN IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING PENGUATAN PROFIL PELAJAR TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN . Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(2), 115–122. https://doi.org/10.55933/jpd.v9i2.633