ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Authors

  • Ismawati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Rita Yuliastuti Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v10i1.643

Abstract

Penelitian    ini    bertujuan    untuk    mengetahui    kemampuan    siswa    dalam menyelesaikan soal  bertipe  higher order thinking skill (HOTS) materi Teorema Phytagoras pada kelas VIII MTs Nurul Huda Ketambul. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif yang menggunakan  pendekatan  kualitatif. Sebanyak 3 siswa dipilih dalam penelitian ini, teknik penelitian didasarkan pada 1 subjek dari kelompok siswa berkemampuan tinggi, 1 subjek  dari kelompok berkemampuan sedang, dan 1 subjek dari kelompok berkemampuan rendah. Subjek dikelompokan berdasarkan perolehan tes soal yang diselesaikan. Kemudian 3 siswa  terpilih diwawancarai tentang kemahiran siswa dalam memecahkan masalah soal matematika tipe HOTS dengan menggunakan langkah polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa berkemampuan tinggi pada indikator analisis, evaluasi,  cipta mampu memenuhi seluruh kegiatan pemecahan masalah (2) Siswa berkemampuan sedang pada indikator analisis mampu memenuhi seluruh kegiatan pemecahan masalah, pada indikator evaluasi siswa hanya mampu memenuhi separuh kegiatan pemecahan masalah yaitu dapat memahami masalah dan merancang strategi pemecahan masalah, sedangkan pada indikator cipta siswa hanya mampu memenuhi satu kegiatan pemecahan masalah yaitu dapat memahami masalah (3) Siswa berkemampuan rendah pada indikator analisis mampu memenuhi seluruh kegiatan pemecahan masalah, sedangkan pada indikator evaluasi dan cipta, siswa tidak mampu memenuhi seluruh kegiatan pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar R. (2014). Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora. 5(1):97. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2987

Apriyanti H. 2014. Implementasi pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Universitas Pendidikan Indonesia.:2–10.

Artina N, Sumardi. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Hots Konten Teorema Pythagoras. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V Universitas Muhammadiyah Surakarta,. :204–211.

Danuri, Maisaroh S. 2019. Metodologi penelitian. Yogyakarta: Samudra Biru

Dzulhidayat. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JOEAI(Journal of Education and Instruction), 5(8.5.2017), 2003–2005. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4826 [6] Fanani MZ. 2018. Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena. 2(1):57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Fauziana, Kastri Fani, Rahmiaty. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Pelajaran IPA. Genderang Asa Jurnal Prima Education. 2(2):66–75. https://doi.org/10.47766/ga.v2i2.165

Fikriani T, Nurva MS. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp kelas IX dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11(2):252–266. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6132

Fitria N, Hendriyani ME, Rifqiawati I. (2019). Analisis Pengetahuan Deklaratif Siswa Melalui Tes Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Sirkulasi di Kelas XI MAN 2 Kota Serang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 2(1):744–749.

Kamarullah K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 1(1):21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kurniawan HS, Khotimah RP. (2022). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 11(3):1966. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5563

Qadry IK, Dassa A, Azis UA. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill Pada Siswa Smp. Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA). 3(1):29–36.

Ramli RW, Arsyad N, Ma’rup M. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (Hots) Pokok Bahasan Pola Bilangan Pada Kelas Viii A SMP Negeri 1 Sungguminasa. Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA). 2(1):84–92. https://doi.org/10.30605/27458326-75

Restianingsih A, Pujiastuti H. (2020). Analisis Kesulitan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Pythagoras. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan[Internet].20(3):210–222 .http://103.114.35.30/index.php/didaktis/article/view/4915

Usman MR, Satriani S. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). J MathEdu (Mathematic Educ Journal). 4(2):236–242. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2769

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Ismawati, & Yuliastuti, R. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) . Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 10(1), 18–22. https://doi.org/10.55933/jpd.v10i1.643