PRESTASI BELAJAR FISIKA BAB PENGUKURAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW SISWA KELAS XE SMAN 1 KARANGAN
PDF

Keywords

jigsaw
Learning
Measurement

How to Cite

Winarno, E. (2023). PRESTASI BELAJAR FISIKA BAB PENGUKURAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW SISWA KELAS XE SMAN 1 KARANGAN. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(2), 123–129. https://doi.org/10.55933/jpd.v9i2.646

Abstract

Kesulitan belajar Fisika terutama soal hitungan dialami oleh siswa kelas XE SMAN 1 Karangan. Hal ini menjadi landasan kuat untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran sebagai langkah perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan metode JIGSAW pada siswa kelas X E. Kami merencanakan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam 2 siklus, siklus 1 dan siklus 2. Setting siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Karangan dengan subyek penelitian siswa kelas X E berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara, tes. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar fisika dengan metode JIGSAW, ditunjukkan adanya peningkatan nilai hasil tes dari siklus 1 ke siklus 2 yakni dari 58,3 % menjadi 75%. Peneliti berharap model pembelajaran JIGSAW dapat diterapkan pada materi lain yang sesuai.

https://doi.org/10.55933/jpd.v9i2.646
PDF

References

Anugrah, M.(2019).Penelitian Tindakan Kelas (Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: Leukitaprio.

Aqib,Z., Chotibuddin, M.(2018).Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran.

https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/auladuna/article/download/475/341

Balitbang, Kemendikbud. 2013. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, (Online), (http://litbang.kemendikbud.go.id), diakses tanggal 17 Pebruari 2020.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusuma, A.W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw dalam Bimbingan Klasikal. Konselor, Volume 7 Number 1 2018, pp. 26-30

Izzaty, Rita Eka, dkk. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press

Leemana, Y, dkk. (2018). Inter-professional Collaboration In Action Research. Educational Action Research, Vol. 26, Issue 1

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Martinis Yamin. (2013). Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group

MGMP Fisika.(2019). Buku Pintar Belajar Fisika: Sagufindo Kinarya

Roestiyah,N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sagala,S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.(2013). Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, S. (2017). Penggaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia

Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(1), 84–94

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung :RemajaRosdakarya.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Edi Winarno