STRATEGI KEMITRAAN KEPALA SEKOLAH DENGAN PERGURUAN TINGGI DALAM MEMFASILITASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS STUDI LANJUT (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo)

Authors

  • Rukmini Ambarwati UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Agus Zainul Fitri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v10i1.665

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk  mencari gambaran secara mendalam terkait Manajemen Strategi Kemitraan Kepala Sekolah dengan Perguruan Tinggi dalam Memfasilitasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Studi Lanjut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  dengan pendekatan  fenomenalogi, jenis studi lapangan dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui, wawancara mendalam,  observasi langsung dan telaah dokumentasi. Analisis data menggunakan SWOT untuk mengetahui kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan tantangan (Threaths). Dengan mengetahui kekuatan yang dimiliki SMA Negeri 1 Gedangan dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kelemahan sehingga dapat menggunakan peluang yang ada guna menghindari ancaman dari factor eksternal Strategi kemitraan kepala sekolah dengan pergurun tinggi di atur dalam surat perjanjian Kerjasama (SPK). Lokus penelitian  di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo, sebagai  sekolah penyelenggara Pendidikan inklusif. Hasil Penelitian, menunjukkan kemitraan kepala sekolah berhasil menjalin Kerjasama (MoU) dengan 5 perguruan tinggi sehingga peserta didik diterima diperguruan tinggi negeri maupun swasta bahkan ada yang mendapatkan beasiswa S2. Keberhasilan kepala sekolah dalam pengelolaan pendidikan inklusif di SMA Negeri 1 Gedangan mampu menjawab pandangan negatif masyarakat terhadap peserta didik berkebutuhan khusus. Dampaknya sekolah dikenal sebagai sekolah berprestasi sehingga citra sekolah naik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pendidikan Inklusif. Jakarta

Badan Pusat statistik Jawa Timur tahun 2020, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). https://jatim.bps.go.id

Dirjen Dikdasmen. (2003). Surat Edaran No. 380/C.C6/MN/2003 Perihal Pendidikan Inklusif: Menyelenggarakan dan mengembangkan di setiap Kabupaten/Kota sekurang-kurangnya 4 (empat) sekolah yang terdiri dari SD, SMP, SMA, dan SMK. https://disdik.depok.go.id/pendidikan-inklusif/

Fitri, AZ, & Haryanti, N.(2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, Research and Development. Madani: Malang

Idrus, SAJ. (2017) Model Strategi Kemitraan Pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MAN 2 Mataram),.Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan Volume 5, Nomor 2, Hal.20-37

Januariani, & Fitri, AZ. (2023). Analisis Manajemen Pelayanan Sekolah Inklusi, Melalui Lingkungan factor Internal dan Eksternal. Jurnal Inovatif, Vol 9, No 2

Kementerian Pendidikan. Kebudayaan Riset Dan Teknologi. (2023). Permendikbudristek No. 48 tahun 2023 tentang Pendidikan Inklusif http://lldikti13.kemendikbud.go.idstatik.unesa.ac.id

Miles, M.B, Huberman, A.M & Saldana, J. (2020). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook. Edition 3. USA : Sage Publication, Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press

Nurhalim, Saputra, M.Z.A., Ningsih, N.S., Amirullah, Musli & Jamrizal. (2023). Konsep Kepemimpinan: Pengertian, Peran, Urgensi dan Profil Kepemimpinan. Jurnal Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.7 No. 1 Hal. 2070- 2076

Nursyifaa, A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era RevolusiIndustri 4.0: Perspektif Sosiologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 6 No. 2. http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p143-154

Peraturan Bupati No 6 Tahun 2021 tentang Pendidikan Inklusif. https://peraturan.bpk.go.id

Rukmana, N. (2006). Strategic Parenting For Educational Management : Model Manajemen Pendidikan Berbasis Kemitraan. Alfabeta: Bandung

Smith, R.D. (2017). Strategic Planing For Public Relation (5 th ed). New York:Routledge

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 2nd ed.. Bandung: Alfabeta

Yakin, I.H. (2023). Metote Penelitian Kualitatif. Garut:Aksara Global Akademia

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Rukmini Ambarwati, & Agus Zainul Fitri. (2024). STRATEGI KEMITRAAN KEPALA SEKOLAH DENGAN PERGURUAN TINGGI DALAM MEMFASILITASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS STUDI LANJUT (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo). Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 10(1), 23–33. https://doi.org/10.55933/jpd.v10i1.665