STRATEGI KEMITRAAN KEPALA SEKOLAH DENGAN PERGURUAN TINGGI DALAM MEMFASILITASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS STUDI LANJUT (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo)
DOI:
https://doi.org/10.55933/jpd.v10i1.665Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mencari gambaran secara mendalam terkait Manajemen Strategi Kemitraan Kepala Sekolah dengan Perguruan Tinggi dalam Memfasilitasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Studi Lanjut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi, jenis studi lapangan dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui, wawancara mendalam, observasi langsung dan telaah dokumentasi. Analisis data menggunakan SWOT untuk mengetahui kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan tantangan (Threaths). Dengan mengetahui kekuatan yang dimiliki SMA Negeri 1 Gedangan dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kelemahan sehingga dapat menggunakan peluang yang ada guna menghindari ancaman dari factor eksternal Strategi kemitraan kepala sekolah dengan pergurun tinggi di atur dalam surat perjanjian Kerjasama (SPK). Lokus penelitian di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo, sebagai sekolah penyelenggara Pendidikan inklusif. Hasil Penelitian, menunjukkan kemitraan kepala sekolah berhasil menjalin Kerjasama (MoU) dengan 5 perguruan tinggi sehingga peserta didik diterima diperguruan tinggi negeri maupun swasta bahkan ada yang mendapatkan beasiswa S2. Keberhasilan kepala sekolah dalam pengelolaan pendidikan inklusif di SMA Negeri 1 Gedangan mampu menjawab pandangan negatif masyarakat terhadap peserta didik berkebutuhan khusus. Dampaknya sekolah dikenal sebagai sekolah berprestasi sehingga citra sekolah naik.
Downloads
References
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pendidikan Inklusif. Jakarta
Badan Pusat statistik Jawa Timur tahun 2020, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). https://jatim.bps.go.id
Dirjen Dikdasmen. (2003). Surat Edaran No. 380/C.C6/MN/2003 Perihal Pendidikan Inklusif: Menyelenggarakan dan mengembangkan di setiap Kabupaten/Kota sekurang-kurangnya 4 (empat) sekolah yang terdiri dari SD, SMP, SMA, dan SMK. https://disdik.depok.go.id/pendidikan-inklusif/
Fitri, AZ, & Haryanti, N.(2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, Research and Development. Madani: Malang
Idrus, SAJ. (2017) Model Strategi Kemitraan Pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MAN 2 Mataram),.Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan Volume 5, Nomor 2, Hal.20-37
Januariani, & Fitri, AZ. (2023). Analisis Manajemen Pelayanan Sekolah Inklusi, Melalui Lingkungan factor Internal dan Eksternal. Jurnal Inovatif, Vol 9, No 2
Kementerian Pendidikan. Kebudayaan Riset Dan Teknologi. (2023). Permendikbudristek No. 48 tahun 2023 tentang Pendidikan Inklusif http://lldikti13.kemendikbud.go.idstatik.unesa.ac.id
Miles, M.B, Huberman, A.M & Saldana, J. (2020). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook. Edition 3. USA : Sage Publication, Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press
Nurhalim, Saputra, M.Z.A., Ningsih, N.S., Amirullah, Musli & Jamrizal. (2023). Konsep Kepemimpinan: Pengertian, Peran, Urgensi dan Profil Kepemimpinan. Jurnal Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.7 No. 1 Hal. 2070- 2076
Nursyifaa, A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era RevolusiIndustri 4.0: Perspektif Sosiologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 6 No. 2. http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p143-154
Peraturan Bupati No 6 Tahun 2021 tentang Pendidikan Inklusif. https://peraturan.bpk.go.id
Rukmana, N. (2006). Strategic Parenting For Educational Management : Model Manajemen Pendidikan Berbasis Kemitraan. Alfabeta: Bandung
Smith, R.D. (2017). Strategic Planing For Public Relation (5 th ed). New York:Routledge
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 2nd ed.. Bandung: Alfabeta
Yakin, I.H. (2023). Metote Penelitian Kualitatif. Garut:Aksara Global Akademia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rukmini Ambarwati, Agus Zainul Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.