STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGOPTIMALKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ)
DOI:
https://doi.org/10.55933/jpd.v10i1.679Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh pembimbing dan guru untuk membantu siswa mengembangkan kecerdasan emosional dengan berfokus pada pengembangan kecerdasan dan kecerdasan spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis observasi alami (natural observation). Pendekatan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling mengoptimalkan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual siswa (SQ) dengan melakukan pendekatan persuasif dan edukatif yang tercantum dalam program bimbingan dan konseling. Program bimbingan dan konseling diakui sebagai sarana yang efektif untuk mengembangkan kecerdasan siswa, khususnya dalam bidang kecerdasan spiritual dan emosional. Studi ini memeriksa bagaimana kedua belah pihak dapat secara efektif mengurangi efek ketidaksetaraan pribadi. Penelitian menunjukkan bahwa insan dengan ketidakstabilan emosional yang di atas rata-rata cenderung akan mempunyai keterampilan interpersonal yang baik pula; mereka mampu membangun hubungan yang harmonis dan bisa menyelesaikan masalah dalam hidupnya, sedangkan kecerdasan spiritual memperkaya dimensi ini dengan memberikan kedalaman dan makna dalam pengalaman hidupnya.
Downloads
References
Azis, Muhammad Ramdan. (2010): Mengembangkan Kecerdasan SPiritual Bagi Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunawan, R. (2018). Peran Tata Kelola Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Di Sekolah. Jurnal Selaras:Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.33541/sel.v1i1.766
Goleman, Daniel. (2004): Kecerdasan Emosional Terjemah Hermaya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hamalik, Oemar. (2017): Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Handayani, S. (2019). Kecerdasan Spiritual Dan Prestasi Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Godean). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 292–306. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.319
Hasanah, H. 2016. Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddun, Vol.8 No.1
Hikmawati, Fenti. (2011): Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Jaelani, Abdul Qadir dan Ilham, Lailul. (2019). Strategi Peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa. Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol. 13, No. 1
Kurniasih, Imas. (2010). Mendidik SQ Anak Menurut Nabi Muhammad SAW. Yogyakarta: Pustaka Mawrwa.
Kurniawati, V. (2023). Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Di Sekolah Dasar, JSPED: Jurnal Pendidikan Studi Dasar Vol.1,No. 2
Lestari, I. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 1–7
Lusi Nuryanti. (2011). Psikologi Anak. Jakarta: Indeks Kencana
Margono. (2007). Metodologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Melianasari, D. (2016). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Permainan Simulasi Dan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Pedagogia, 14(2), 311–317. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3880
M. Faridus Sholihin .(2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa: Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah Vol. 6, No. 2
Mudyahardjo. (2014). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Musthofa, Y (2007). EQ untuk Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sketsa
Nida, F. laili K. (2013). Peran Kecerdasan Spiritual dalam Pencapaian Kebermaknaan Hidup. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 185–200. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=401101&val=6785&title=Peran Kecerdasan Spiritual Dalam Pencapaian Kebermaknaan Hidup
Rulam Ahmadi.(2016). Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Rosidi (2015). Pengantar Akhlak Tasawuf .Semarang: PT CV. Karya Abadi Jaya
Thahir, A., & Rizkiyani, D. (2016). Pengaruh Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy (Rebt) Dalam Mengurangi Kecemasan Peserta Didik Kelas Viii Smp Gajah Mada Bandar Lampung. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 191
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ummu Nihayah, Venna Kurniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.