PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN WAKTU DENGAN PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS 1 SDN 2 KARANGREJO KECAMATAN KAMPAK

Authors

  • Pujiati STKIP PGRI Trenggalek

Keywords:

metode demonstrasi, matematika, satuan waktu

Abstract

Pembelajaran mata pelajaran Matematika pada materi satuan waktu yang disampaikan oleh guru dengan metode yang konvensional masih membuat anak-anak bingung. Sehingga dalam pemahaman materi sangat sulit diterima oleh anak didik. Sehingga berimbas pada prestasi belajar siswa yang rendah dan tingkat ketuntasan yang belum sesuai harapan. Maka untuk menciptakan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar, maka perlu adanya perubahan pembelajaran yang menarik, dengan demikian guru berusaha menggunakan metode demonstrasi untuk menerangkan materi satuan waktu. Hasil evaluasi pada pra siklus menunjukkan nilai rata-rata kelas hanya 51,36 dengan tingkat ketuntasan yang hanya 31,82%. Setelah diperkenalkan pembelajaran dengan metode demonstrasi pada siklus I, nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yakni menjadi 59,09 dengan tingkat ketuntasan mencapai 59,09%. Dikarenakan hasil siklus I belum sesuai harapan maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus II dengan lebih memaksimalkan metode demonstrasi. Dari siklus II diperoleh hasil nilai rata-rata kelas menjadi 71,36 dengan tingkat ketuntasan mencapai 77,27% di atas angka 75% yang menjadi indikator keberhasilan penelitian ini. Dengan demikian penelitian pembelajaran dengan metode demonstrasi pada materi satuan waktu dihentikan pada tahap siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : Metode pembelajaran demostrasi merupakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya khususnya pembelajaran di kelas I.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah, Sri., (2011). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Karso., dkk. (2010). Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Khafid, M., Suyati., (2010). Pelajaran Matematika Untuk SD. Jakarta: Erlangga.

Muhsetyo, Gatot., (2011). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nawir., Arafah, Kaharuddin., Pristiwaluyo, Triyanto., 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Melukis Peserta Didik Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Donri Donri Kabupaten Soppeng. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 1(1): 1-8

Safrinur., Margiati, K.Y., Halidjah, Siti., 2017. Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. 1(2): 23-34

Subrata. 2016. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Asam Basa Garam Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Scientia Indonesia. 1(1): 37-44

Sumantri, Mulyani., Syaodih, Nana., (2012). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Surya, H.M. (2010). Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tim Bina Karya Guru., (2005). Terampil Berhitung Matematika. Jakarta: Erlangga.

Wahyudin, Dinn., (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2021-03-26 — Updated on 2021-06-17

Versions

How to Cite

Pujiati. (2021). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN WAKTU DENGAN PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS 1 SDN 2 KARANGREJO KECAMATAN KAMPAK. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/87 (Original work published March 26, 2021)