Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif melalui Metode Demonstrasi
Keywords:
prestasi belajar, perkembangbiakan vegetatif, demonstrasiAbstract
Pembelajaran dengan metode penugasan klasikal tidak menjadikan siswa aktif dan kreatif karena sebagian siswa hanya mencotoh pekerjaan teman. Penelitian ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memperbaiki poses pembelajaran di kelas, guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada mmata pelajaran IPA dengan materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetative dengan metode demonstrasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatatif melalui metode Demonstrasi pada siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SDN Pandean Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek? Tujuan peneitian untuk mendapatkan gambaran yang objektif tentang peningkatan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatatif melalui metode demonstrasi pada siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SDN Pandean Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Pandean Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 14 siswa. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan metode demonstrasi.
Hasil penelitian yang dilasanakan dalam dua siklus ini antara lain 1) Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 72.86, pada siklus II sebesar 80.71. Hal ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 7.85. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 71.43%, sedangkan pada siklus II sebesar 92.86, terjadi peningkatan sebesar 21.43%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif pada siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SDN Pandean Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Peningkatan prestasi belajar tersebut dibuktikan dengan naiknya nilai rata-rata dan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II. Selanjutnya disarrankan agar guru menggunakan metode pembelajaran mengacu pada karakteristik materi pelajaran.
Downloads
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta :
Rineka Cipta.
Dewiki, Santi dan Sri Yuniati. P.K.H. 2006. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka
Cipta.
Munandar, Utami. 2004. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta:
Gramedia
Nasution, S. 2002. Metode Researhc Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto,Ngalim. 1988 Psikologi Pendidikan, Jakarta: Remaja Rosda Karya,
Suprijono, Agus, 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Syah, Muhibin .2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja
Rosdya Karya
Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Reneka Cipta
Wiriaatmadja, Rochiati.2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas: untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung: Remaja Rosdakarya
Published
Versions
- 2021-07-02 (5)
- 2021-06-18 (4)
- 2021-04-30 (3)
- 2021-04-29 (2)
- 2021-03-31 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 SUKATMI SUKATMI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.