PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERJA SAMA NEGARA ASEAN MELALUI MODEL TALKING STICK
Keywords:
Hasil belajar, Kerjasama ASEAN, Talking StickAbstract
Pembelajaran IPS dengan metode ceramah mengakibatkan siswa pasif bahkan acuh tak acuh. Pembelajaran ini tidak memberikan tantangan kepada siswa agar berpikir kritis dan kreatif untuk dapat mencapai kompetensi yang diharapkan sehingga hasil belajar siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimal. Untuk itu, guru mencoba menggunakan model Talking Stick agar siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS materi kerja sama Negara ASEAN melalui Model Talking Stick pada siswa Kelas VI Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 di SD Negeri 3 Ngantru Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek?” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara obyektif tentang peningkatan hasil belajar IPS materi kerja sama Negara ASEAN melalui Model Talking Stick. Subjek penelitian ini sebanyak 26 siswa. Hasil penelitian 1) Nilai rata-rata. pada siklus I sebesar 63.33 dan pada siklus II sebesar 83.33, terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 20. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal. pada siklus I sebesar 55.55% pada siklus II sebesar 88.89%, terjadi peningkatan sebesar 33.34%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kerja sama Negara ASEAN pada siswa Kelas VI Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 di SD Negeri 3 Ngantru Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Untuk itu disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran yang sesui dengan karaktrietik materi pelajaran agar pembelajaran berlangsung aktif, kratif, inovatif, dan
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muntolib. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Rasul-Rasul Allah SWT Melalui Model Talking Stick Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 di SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. (tidak diterbitkan)
Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Septiana, N., dan Handoyo, B., 2006. Penerapan Talking Stick dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi, Jurnal Pendidikan Inovatif, Vol.2 (1); 47-50.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ubaedillah, A., dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada.
Subagyo. dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Semarang: UPT MKU UNNES.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Versions
- 2021-07-02 (5)
- 2021-06-17 (4)
- 2021-04-30 (3)
- 2021-04-29 (2)
- 2021-03-26 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jamik siswati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.