This is an outdated version published on 2021-06-17. Read the most recent version.

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERJA SAMA NEGARA ASEAN MELALUI MODEL TALKING STICK

Authors

  • Jamik siswati peserta

Keywords:

Hasil belajar, Kerjasama ASEAN, Talking Stick

Abstract

Pembelajaran IPS dengan metode ceramah mengakibatkan  siswa pasif bahkan acuh tak acuh. Pembelajaran ini tidak memberikan tantangan kepada siswa agar berpikir kritis  dan kreatif untuk dapat mencapai kompetensi  yang diharapkan sehingga hasil belajar siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimal. Untuk itu, guru mencoba menggunakan model Talking Stick agar siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran Rumusan masalah penelitian ini  adalah “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS materi kerja sama Negara ASEAN melalui Model Talking Stick  pada siswa Kelas VI Semester 1  Tahun Pelajaran 2019/2020 di SD Negeri 3 Ngantru  Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek?” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara obyektif tentang peningkatan hasil belajar IPS materi kerja sama Negara ASEAN melalui Model Talking Stick. Subjek penelitian ini sebanyak 26  siswa.   Hasil penelitian 1) Nilai rata-rata. pada siklus I sebesar 63.33 dan pada siklus II sebesar 83.33, terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 20. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal. pada siklus I sebesar 55.55% pada siklus II sebesar 88.89%, terjadi peningkatan sebesar 33.34%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick  dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kerja sama Negara ASEAN pada siswa Kelas VI Semester 1  Tahun Pelajaran 2019/2020 di SD Negeri 3 Ngantru  Kecamatan Trenggalek   Kabupaten Trenggalek. Untuk itu disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran yang sesui dengan karaktrietik materi pelajaran agar pembelajaran berlangsung aktif, kratif, inovatif, dan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muntolib. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Rasul-Rasul Allah SWT Melalui Model Talking Stick Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 di SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. (tidak diterbitkan)

Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Septiana, N., dan Handoyo, B., 2006. Penerapan Talking Stick dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi, Jurnal Pendidikan Inovatif, Vol.2 (1); 47-50.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ubaedillah, A., dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada.

Subagyo. dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Semarang: UPT MKU UNNES.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2021-03-26 — Updated on 2021-06-17

Versions

How to Cite

Jamik siswati. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERJA SAMA NEGARA ASEAN MELALUI MODEL TALKING STICK . Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(1), 9–17. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/90 (Original work published March 26, 2021)