PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI METODE DEMONSTRASI

Versions

7.artikel tatik

Keywords

prestasi belajar
penjumlahan dan pengurangan
demonstrasi

How to Cite

TATIK MUJIATI. (2021). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI METODE DEMONSTRASI. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(1), 48–54. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/91 (Original work published June 17, 2021)

Abstract

Keberhasian pembelajaran sangat bergantung pada ketepatan pemilihan metode dan media pembelajaran. Metode dan media belajar yang dapat memfasilitasi siswa untuk berinteraksi dengan bahan ajar sehingga menjadikan siswa aktif. Pembelajaran ini belum terlaksana sehingga mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa Kelas I B Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 di SDN 3 Ngantru  Kecamatan Trenggalek  Kabupaten Trenggalek. Rumusan masalah penelitian “Bagaimana Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas I B Semester 1 TahunPelajaran 2018/2019 di SDN 3 Ngantru  Kecamatan Trenggalek   Kabupaten Trenggalek.”Tujuan Penelitian untuk mendapatkan gambaran obyektif  tentang peningkatan prestasi belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan melalui metode Demonstrasi pada siswa Kelas I B Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 di SDN 3 Ngantru  Kecamatan Trenggalek   Kabupaten Trenggalek.

Hasil penelitian yang  dilaksanakan 2 sikus  seperti berikut ini 1) Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 71,50 sedangkan pada  siklus  II sebesar 79,50, terjaddi peningkatan sebesar 8,00. 2) persentase ketuntasan ketntasan  klasikalpada siklus I sebesar 75,00% seangkan paa siklus II sebesar 90,00% meningkat sebesar 15%.. Berdasarkan data tersebut dapat dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan Prestasi Belajar Matematika materi Penjumlahan dan Pengurangan pada siswa Kelas I B  Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 SD Negeri 3 Ngantru  Kecamatan Trenggalek   Kabupaten Trenggalek  Untuk itu disarankan agar guru memilih metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa.

7.artikel tatik

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa

Djamarah dan Zein. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : P.T Rieneka Cipta

Hamalik, (1994). Media Pendidikan. Bandung : Citra Adtya Bakti

Nasution. (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta:: Bumi Aksara.

Prihandoko, Cahyo. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikannya secara Menarik. Jakarta : Departement Pendidikan Nasional

Sadiman. Arif, (2003). Media Pendidikan (Pengamatan, Pengembangan dan Pemanfaatan). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arif, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta : Depdikbud

Surachman, (1996). Metode Pengajaran Nasional. Bandung : Jerman

T. Wakiman. (2001). Menumbuhkan Kesenangan Belajar Melalui Permainan. Jurnal Pendidikan

Wahyudin dan Sudrajat. (2003). Ensiklopedia Matematika dan Peradaban Manusia. Jakarta : Tarity Samodra Berlian

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 TATIK MUJIATI