PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI TEKNIK “TERAPI KATA” PESERTA DIDIK KELAS VIII H TAHUN PELAJARAN 2016-2017 SMP NEGERI 1 TUGU
PDF
LOA

Keywords

kemampuan
menulis
puisi bebas
terapi kata

How to Cite

Sulastri, S. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI TEKNIK “TERAPI KATA” PESERTA DIDIK KELAS VIII H TAHUN PELAJARAN 2016-2017 SMP NEGERI 1 TUGU. DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, Dan Sastra Indonesia, 1(2), 104–118. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/diklastri/article/view/114

Abstract

Guru dituntut memiliki keberanian untuk mengubah paradigma proses belajar mengajar dari teacher centre oriented menjadi student centre oriented. Penelitian ini menggunakan Pembelajaran Kontekstual Model Inkuiri dengan teknik “Terapi Kata” pada standar kompetensi “Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas” dengan memilih kompetensi dasar “Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai dan Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampaun menulis puisi bebas melalui teknik “Terapi Kata”. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan dengan model Kemmis dan Taggart. Pembelajaran Teknik “Terapi Kata” ini dirancang dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I hasil pembelajaran siswa belum mencapai ketuntasan. Siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 12 anak dengan 44,44%. Pada siklus II hasil pembelajaran siswa sudah mencapai ketuntasan. Siswa yang telah tuntas sebanyak 22 anak dengan sebesar 81,48%. Terjadi peningkatan dari 70.83 pada siklus I menjadi 79,47 pada siklus II. Hal ini berararti bahwa hasil belajar Siswa meningkat 8,64. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran Teknik “Terapi Kata” dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas kelas VIII H semester 2 Tahun Pelajaran 2016--2017 di SMP Negeri 1 Tugu.

PDF
LOA

References

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3005/2208

Anggraini, N., & Aulia, N. (2020). Analisis Struktural pada Puisi Malu Aku Jadi Orang Indonesia Karya Taufiq Ismail (Pendekatan Struktural). Sasindo Unpam, 8(1), 45–59.

Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bachtiar, D.Y., Suhartiningsih., Sihono. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar pada Siswa kelas III SDI Al- Khairiyah Banyuwangi. Jurnal EDUKASI Universitas Jember, 1 (3), 25-28.

Dewi, I. R. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Ubah Catatan Harian Menjadi Puisi (Penelitian Tindakan Kelas VII MTsN 15 Ciamis). J u r n a l D i k s a t r a s i A, 1(2), 96–101.

Hasrudin, H., Nasution, M. Y., & Rezeqi, S. (2015). Application of contextual learning to improve critical thinking ability of students in biology teaching and learning strategies class. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 11(3), 109–116. Retrieved from https://www.ijlter.org/index.php/ijlter/article/viewFile/317/158

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika.

Sanjaya, W. (n.d.). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sulkifli, M. (2016). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Bastra, 1(1), 1–22. Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/view/1058

Wahyuni, S. Y., & Harun, M. (2018). Analisis Struktur Fisik Dan Struktur Batin Puisi Anak dalam Majalah Potert Anak Cerdas. Master Bahasa, 6(2), 115–125.

Yulianto, Y., Setiawan, W., & Andik, A. (2017). Jurnal Pena Indonesia: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pengajarannya, 3(1), 42–58.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Sulastri Sulastri