PENGGUNAAN BAHASA PROKEM DI KALANGAN MAHASISWA SEMESTER VIII PRODI PBSI STKIP PGRI TRENGGALEK
PDF
LOA

Keywords

variasi bahasa
bahasa prokem
fungsi bahasa prokem

How to Cite

Helfika, E. ., & Kuncorowati, D. (2021). PENGGUNAAN BAHASA PROKEM DI KALANGAN MAHASISWA SEMESTER VIII PRODI PBSI STKIP PGRI TRENGGALEK. DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, Dan Sastra Indonesia, 1(2), 61–68. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/diklastri/article/view/139

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan bahasa prokem di kalangan mahasiswa semester VIII prodi PBSI STKIP Trenggalek. Tujuan utama penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan bentuk dan fungsi bahasa prokem di kalangan mahasiswa semester VIII prodi PBSI STKIP PGRI Trenggalek. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa semester VIII prodi PBSI STKIP PGRI Trenggalek, dengan data berupa pemakaian bahasa yang mengandung bahasa prokem.Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan teknik menyimak, teknik mencatat, teknik perekaman, metode observasi dan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik padan intralingual.Hasil penelitian ini adalah pertama, berdasarkan bentuk bahasa prokem yang digunakan adalah, (a) dari aspek kata berwujud kata tunggal dan kata kompleks, (b) dari aspek kalimat berwujud kalimat tunggal, (c) dari aspek bunyi berwujud diftongisasi, monoftongisasi, zeroisasi, disimilasi dan anaptiksis, (d) dari aspek makna berwujud makna denotatif dan makna konotatif. Kedua, berdasarkan fungsi penggunaan bahasa prokem yaitu, (a) dari aspek kata berfungsi untuk merahasiakan pembicaraan, menyindir, menciptakan rasa humor, mengungkapkan rasa marah, (b) dari aspek kalimat berfungsi untuk mengkritik, menasehati, menyampaikan informasi, bertanya, (c) dari aspek bunyi berfungsi untuk mengakrabkan, mengungkapkan rasa marah, mengajak, mengejek, merahasiakan pembicaraan, (d) dari aspek makna berfungsi untuk megungkapkan rasa tak acuh, mengejek, menyindir, bertanya.

 

PDF
LOA

References

Chaer, A. (2012). Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, L. . (2017). Metodologi Penelitian kualitatitf. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setiyono, Y. dkk. (2021). Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi (PPPS) STKIP PGRI Trenggalek (9th ed.). Trenggalek: UPPMH.

Suandi, N. (2014). Sosioliguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Elfandi Helfika, Dwi Kuncorowati