Abstract
Cerita pendek sebagai salah satu jenis karya sastra ternyata dapat memberikan manfaat kepada pembacanya. Diantaranya dapat memberikan pengalaman pengganti, kenikmatan, mengembangkan imajinasi, mengembangkan pengertian tentang perilaku manusia, dan dapat menyuguhkan pengalaman yang universal. Pengalaman yang universal itu sangat berkaitan dengan hidup dan kehidupan manusia serta kemanusiaan. Hal tersebut ditujukan untuk membangun realitas sastra serupa dengan kenyataan dunia yang memang seakan-akan tidak dibuat-buat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan mimetik. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik pustaka. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif mencakup reduksi data, sajian data, dan verifikasi serta simpulan. Setelah data dianalisis, data divalidasi dengan teknik triangulasi peneliti. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa dalam cerpen “Seragam” Karya Aris Kurniawan Basuki banyak mengandung fenomena sosial, yaitu mencakup (1) persahabatan masa sekolah, (2) pengorbanan dalam persahabatan, dan (3) ketulusan dalam persahabatan. Selain itu, fenomena sosial dalam cerpen “Seragam” Karya Aris Kurniawan Basuki mempunyai hubungan dengan dunia nyata.
References
Anisah, Z. 2018. Realitas Kehidupan Islami dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar (Kajian Mimetik). ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1), 1-26.http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php
Asnani. 2020. Persahabatan Dalam Novel Burlian Karya Tere Liye. Jurnal Wahana Inovasi, 9 (1), 106-111. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/2652
Cahyaningsih, E.A. 2018. Persahabatan Dalam Novel KKPK:Diary Persahabatan Dan Pita Persahabatan Karya Nabilah Izzati Zahirah. Jurnal Bapala, 5 (1), 1-9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/22659/20781
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Ilmu.
Luxemburg, Jan van, dkk. 1986. Pengantar Ilmu Sastra. Terjemahan Dick Hartoko Jakarta: Gramedia.
Lukacs, G. 2011. Dilaketika Marxis: Sejarah dan Kesadaran Kelas. Terjemahan Inyiak Ridwan Muzir. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Muslimin. 2011. Modernisasi Dalam Novel Belenggu Karya Armijn Pane “Sebuah Kajian Sosiologi Sastra”. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 1 (1), 126-145. http://digilib.unimed.ac.id/24555/1/Fulltext.pdf
Nurlinda, Martono, H., dan Wartiningsih, A. 2013. Nilai-nilai dalam Novel Partikel Karya Dewi Lestari (Dee). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2 (2), 1-17. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1125
Putri, M.P. 2017. Realitas Sosial Dalam Novel Kelomang Karya Qizink La Aziva (Kajian Realisme Sosialis Georg Lukacs). Jurnal Bapala, 4 (1), 1-11. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/19121
Pradopo, Rahmat Djoko. 2002. Kritik Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gama Media.
Ristanti, Y. A. 2012. Kritik Sastra Tugas Akhir. http://iniadalahblogpribadisaya.blogspot.com/2012/06/kritik-sastra-tugas-akhir.html
Sandjojo, C. T. 2018. Hubungan Antara Kualitas Persahabatan Dengan Kebahagiaan Pada Remaja Urban. Jurnal Calyptra, 6 (2), 1721-1739. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1105
Seles, S. 2019. Analisis Perbandingan Novel “Mutiara di Kota Melbourne ” dan “Four Seasons In Belgium” dengan Pendekatan Mimetik. Jurnal Disastra, 1 (1); 33-40. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1463.
Soekanto, S. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Persindo Persada.
Syafrona, A., Abdurahman, dan M. Ismail Nst. 2013. Masalah Sosial dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (2), 241-248. DOI : https://doi.org/10.24036/1317-019883
Turaeni, Ni Nyoman T. 2016. Orientasi Kritik Sastra “Puisi” Dalam Rubrik Budaya Surabaya Post. Jurnal Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 14 (2), 181-196. DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v14i2.1200.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Etty Umamy