Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Materi Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Siswa SMP
PDF

Keywords

Digital Book
Media Pembelajaran
Pengembangan

How to Cite

Wahono, E., & Febrianto, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Materi Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Siswa SMP. DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, Dan Sastra Indonesia, 2(1), 10–22. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/diklastri/article/view/288

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi laporan teks hasil observasi kelas VII di SMP PGRI Selur Ponorogo tahun ajaran 2020/2021 semester ganjil. Diketahui bahwa guru masih menggunakan media konvensional, kurangnya variasi strategi dan metode dalam menyampaikan materi dengan media. Kondisi pembelajaran ini ternyata memberikan dampak yang membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik pada materi pembelajaran. Permasalahan pembelajaran ini bersifat urgen dan harus segera diselesaikan dengan mengembangkan media yang inovatif sesuai karaketristik materi dan siswa, yakni berupa buku media pembelajaran berbasis digital dengan desain model ADDIE yang sistematis sesuai pendekatan sistem pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis digital book materi teks laporan hasil observasi untuk siswa SMP PGRI Selur kelas VII dan untuk mengetahui kelayakan medianya. Metode dalam penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE, melalui tahap analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Subjek penelitian uji coba meliputi ahli media, ahli materi dan siswa SMP PGRI Selur kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis digital book layak digunakan dengan presentase penilaian validasi ahli media 88% dan ahli materi 90% serta perolehan presentase penilaian siswa 83% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis digital book layak digunakan serta menarik minat siswa untuk belajar.

 

PDF

References

Alhafidz, M.R.L., & Haryono, A. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 118–124. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v11i22018p0107

Anshor, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Civic Culture: Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya. 2 (1), 88–100. https://core.ac.uk/download/pdf/297668739.pdf

Asmarani, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI Berbasis Android. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: UIN Raden Intan. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/9243

Farida. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran 3 Dimensi "Paper" Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gondang. Skripsi tidak diterbitkan. Trenggalek: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Trenggalek.

Fudin, M.S., & Hariyadi K. (2020). Development of a Football Game Modification Book for Primary School Physical Education and Health Teachers. Jurnal ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health, and Recreation, 9 (3), 168-172. https://journal.unnes.ac.id.

Habibi, M.W., Suarsini, E., & Amin, M. (2016). Pengembangan Buku Ajar Matakuliah Makrobiologi Dasar. Jurnal Pendidikan, 1 (5), 890-900. http://journal.um.ac.id.

Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. Jurnal EDUMATIC: Pendidikan Informatika, 2 (1), 24-33. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edumatic/article/view/868/606

Hoshangabadwala, A. (2015). Student Perceptions of Textbook Layout and Learnability in Private Schools. Journal of Education and Educational Development, 2 (1), 1-16. https://journals.iobmresearch.com

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Sultan Ageng Tirtayasa, 2 (1), 17–26. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/index.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14 (01), 15-20. https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467.

Rayanto, Y. H. & Sugianti. (2020). Model Pengembangan ADDIE & R2D2 Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Puspitasari, V., Rufi’i & Walujo, D.A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran Bipa di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development, 8 (4), 310-319. https://doi.org/10.37081/ed.v8i4.

Sujarwo, S., & Oktaviana, R. (2017). Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory Pada Siswa Kelas VIII SMP N 37 Palembang. Jurnal Psikologi Islami, 3 (1), 33-42. https://jurnal.radenfatah.ac.id.

Tambunan, N. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal FORMATIF, 6 (3), 207-219. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.993

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. Makalah disajikan pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuaan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Semester Ganjil 2017/2018, 03 Agustus 2017. Research Repository. http://repository.uin-malang.ac.id.

Widiasworo, E. (2018). Mahir Penelitian Modern. Yogyakarta: Araska.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (1), 88-99. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi.

Zahid, M.Z. (2018). Aplikasi Berbasis Android untuk Pembelajaran : Potensi dan Metode Pengembangan. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 910–918. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Zahara, N., Djufri & Muhibbudin. (2014). Optimalisasi Pembelajaran dengan E-Book dan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa 1 Kelas X SMA Pada Materi Dunia Tumbuhan. Jurnal Biotik, 2 (2), 77-137. http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v2i2.243

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Endri Wahono, Rohmat Febrianto

Downloads

Download data is not yet available.