Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Media Socrative Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Puisi
PDF

Keywords

Model Direct Instruction
Media Socrative
Puisi

How to Cite

Faitah, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Media Socrative Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Puisi. DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, Dan Sastra Indonesia, 2(1), 37–48. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/diklastri/article/view/291

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia materi puisi. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik ialah penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang efektif. Peserta didik sulit memahami materi yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran direct instruction berbantuan media socrative terhadap kemampuan mengidentifikasi puisi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 111 Jakarta  pada kelas X IPS 1 (kelas eksperimen) yang berjumlah 39 peserta didik dan kelas X IPS 2 (kelas kontrol) yang berjumlah 37 peserta didik pada materi mengidentifikasi puisi. Penelitian menggunkan metode eksperimen dengan desain penelitan eksperimen murni (true ekperimental design). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu postest yang diberikan pada akhir pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menujukkan pengaruh signifikan antara peserta didik yang menggunakan model direct instruction dan media socrative dengan peserta didik yang tidak menggunakan model direct instruction dan media socrative. Model direct instruction dan media socrative dalam pembelajaran ini berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi puisi pada peserta didik kelas X di SMAN 111 Jakarta. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 83.7179 sementara nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol sebesar 71.0526.

PDF

References

Andriani, Mokhtar ,M. 2019. Pelaksanaan Pembiayaan Pendidikan sekolah Dasar di Kota Makasar. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Jakarta. 10(2). 69-85

Istiqamah, I., Sugiarti, S., & Muhammad, W. 2019. Perbandingan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Direct instruction. Jurnal Pendidikan Kimia Chemistry Education PPs UNM. 3(1). 17-30.

Kardian,A. 2018. Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menyimak Puisi Dengan Menggunakan Metode Course Review Horray. Jurnal Metamorfosis UNIBBA. 11(1)

Maolani, Rukesih A dan Uca Cahyana. 2016. Metodologi Penenlitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Marni, S. 2016. Analisis Makna Intensi Pada Puisi-Puisi Penyair Pemula: Analisis Puisi Karya siswa SMAN Agam Cendekia. Jurnal Gramatika Universitas PGRI Sumatera Barat. 2(1). 25-32

Muhammad,Ali. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra Di Sekolah Dasar. Pernik Jurnal PAUD Universitas PGRI Palembang. 3(1), 35-44

Ngalimun, dkk. 2018. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Presindo.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat Institut Ilmu Al Quran Jakarta. 3(1).171-187

Prasetya, Sukama Perdana. 2014. Media Pembelajaran Geografi. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Depok: Ar-ruzz Media.

Sinambela, Lijan Poltak. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesi Kelas X SMA /MA/SMK /MAK. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sulkifli., dan Marwati. 2016. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Saru Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Bahasa dan sastra Universitas Halu Oleo . 1(1)

Suprihatiningrum, Jami. 2017. Strategi Pemelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Tafanao, Talizaro 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan .2(2)103-114

Tresnawati,H., Indihadi,D., Muiz,D.A. 2018. Analisis Unsur Intrinsik Puisi Karya Siswa Kelas VA SDN 1 Nagarasari. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia. 5(2). 32-40

Wahyuni, S., Jun, M., Dwi, R., Sri W. 2020. Presepsi Guru Terhadap Penggunaan Socrative Sebagai Media Penilaian Interaktif. Seminar Nasional Pasca Sarjana 2019. 2 (1). 309-314

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Ita Faitah

Downloads

Download data is not yet available.