Analisis Pemerolehan Bahasa Pada Anak Dengan Perhitungan Mean Length Of Utterance Dan Kajian Aspek Fonologi Anak Usia 4.7 Tahun
PDF

Keywords

Pemerolehan Bahasa
Mean Length of Utterance
Fonologi

How to Cite

Midani, A., & Setiawan, H. (2021). Analisis Pemerolehan Bahasa Pada Anak Dengan Perhitungan Mean Length Of Utterance Dan Kajian Aspek Fonologi Anak Usia 4.7 Tahun. DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, Dan Sastra Indonesia, 2(1), 49–54. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/diklastri/article/view/292

Abstract

Pemerolehan bahasa meruapakan salah satu cabang kajian psikolinguistik yang mengkaji tentang jumlah ujaran. Pemerolehan bahasa dapat di tentukan melalui perhitungan Mean Length of Utterance (MLU), adapun aspek yang dikaji dalam penelitian pemerolehan bahasa antara lain aspek fonologi, aspek morfologi, aspek sintaksis, dan aspek semantik. Penelitian ini menggunakan penedekatan kualitatif dengan metode observasional natural yakni peneliti melakukan observasi tidak trstruktur kepada subjek penelitian adapun teknik pengumpulan data dengan cara merekam dan mentranskripkan ujaran setiap kata yang diucapkan oleh subjek dan mengamati tingkah laku subjek, selanjutnya data disajiakn dalam bentuk tabel kemudian dihitung panjang ujaran subjek dengan menggunakan perhitungan Mean Length of Utterance (MLU) didapatkan hasil dari subjek 2,85 per tuturan dengan subjek yang berusia 4 tahun 7 bulan, hasil tersebut belum mencapai Mean Length of Utterance (MLU) yang telah ditetapkan. Terdapat beberapa faktor yang mepengaruhi hal tersebut seperti subjek jarang berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan subjek lebih memilih bermain gawai dari pada bermain dengan teman seuisianya. Adapun aspek fonologi yang dianalisi ialah felapalan tuturan dari subjek hasil yang diperoleh bahwa subjek belum mampu mengucapkan fonem /l/ dan fonem /r/ dengan baik seperti fonem /l/ yang bergeser menjadi fonem /y/ atau pergeseran fonem /r/ menjadi fonem /l/. Hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor seperti fonem yang di ucapkan orangtuanya dan ukuran rongga mulut subjek.

PDF

References

Adriyana. (2020). Analiasis Gangguan Fonologi dan Variasi Pelafalan Fonem /R/ Pada Penderita Cadel. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 16 (2), 57-64. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.2700

Chaer, A. (2013). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2019). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Jurnal Lentera, 17 (1), 63-75. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/lentera_journal/article/view/429

Suardi, IP., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1), 265-273. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Yanti, P. G. (2016). Pemerolehan Bahasa Anak: Kajian Aspek Fonologi Pada Anak Usia 2-2,5 Tahun. Jurnal VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 11 (2), 131-141. https://doi.org/10.21009/JIV.1102.7

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Ahmad Midani, Hendra Setiawan

Downloads

Download data is not yet available.