MOTIVASI TOKOH DALAM NOVEL “SIRKUS POHON” KARYA ANDREA HIRATA
PDF

Keywords

Motivasi
Psikologi Sastra
Novel
Tokoh Utama

How to Cite

Nadiroh, M. T., & Fahrudin, F. (2020). MOTIVASI TOKOH DALAM NOVEL “SIRKUS POHON” KARYA ANDREA HIRATA. DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, Dan Sastra Indonesia, 1(1), 10–20. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/diklastri/article/view/63

Abstract

Di antara kajian psikologi sastra terdapat psikologi kepribadian salah satunya berupa motivasi. Motivasi yang secara umum dimiliki oleh manusia, yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran objektif kedua lingkup sasaran tersebut. Penelitian yang berjenis kualitatif dan bersifat deskriptif ini menggunakan metode penelitian dokumentasi untuk mengumpulkan data yang akan diteliti. Hasil penelitian ini adalah (1) motivasi internal tokoh utama persepsi individu mengenai diri sendiri terkait dengan berpikir, terdapat data kebahagiaan, alasan, kerja dan perasaan. Persepsi individu terhadap diri sendiri terkait dengan kemauan ditemukan data bermimpi dan berjanji. Sedangkan motivasi internal tokoh utama berupa harapan terkait dengan tangguh, ditemukan data bertahan dan keberhasilan. Motivasi internal terkait dengan sikap, ditemukan data belajar. (2) motivasi eksternal tokoh utama kelompok kerja terkait kebenaran ditemukan data motto hidup, kejujuran ditemukan data inspirasi, dan terkait kebajikan ditemukan data keinginan, rasa hormat dan mandor. Sedangkan motivasi ekternal tokoh utama berupa situasi lingkungan terkait dengan kepercayaan diri ditemukan data janji, bekerja, pekerjaan dan masa depan. Motivasi eksternal berupa situasi lingkungan terkait interaksi ditemukan data kagum.

PDF

References

Arditiya. 2016. Internalisasi Nilai Ketuhanan Pada Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Jurnal Kembara . 2 (2), 114-115.

Arikunto,S. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asriani, L. 2016. Masalah-masalah sosial dalam Novel Dari subuh Hingga Malam: Perjalanan seorang putra Minang mencari Jalan kebenaran karya Abdul Wadud. Jurnal Bastra. 1 (1), 3.

Buchari, A. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Diana, Ani. (2016). “Analisis Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Wanita di Lautan Sunyi Karya Nurul Asmayani.”Jurnal Pesona. 2 (1), 43- 52.

Handayani, E., Harun, M dan Taib,R. 2017. Motivasi Dalam Novel Di Bawah Langit Madani Karya Yf. Rijal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI. 2 (1), 67-76.

Juwariyah dan Sumartini. 2019. Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ada Surga di Rumahku Karya Oka Aurora Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Sastra Indonesia 8 (2) (2019) 118 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.

Hafid, A. 2017. Diskriminasi Bangsa Belanda dalam Novel Salah Asuhan Karya Abdoel Moeis. Jurnal kembara. 3 (2),124-125.

Hafizha, dkk. 2018. Nilai Agama dalam Perjuangan Hidup Novel Nun pada Sebuah Cermin Sebagai Bahan. Jurnal Inovasi Pembelajaran. 4(1),74-75.

Hirata, Andrea. 2017. Sirkus Pohon. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Juwariyah, Sumartini. 2019. Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ada Surga di Rumahku Karya Oka Aurora Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Sastra Indonesia. 8(2), 111- 118.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2018. Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Umum. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Lina Suprapto, Andayani, Budi Waluyo. 2014. Kajian Psikologi Sastra Dan Nilai Karakter Novel 9 Dari Nadira Karya Leila S. Chudori.

Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 2 Nomor 3, Agustus 2014, ISSN I2302-6405

Minderop, Albert. 2013. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, Lexy. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Kajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press (Anggota IKAPI). Sardiman. 2011. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Teew, A.2015. Sastra dan Ilmu Sastra Pengantar Teori Sastra. Bandung: PT Dunia Pustaka Jaya.

Wellek,R. dan Warren,2016.A. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia. Yazid,T.P dan Ridwan. 2017. Proses Persepsi Diri Mahasiswi Dalam Berbusana Muslimah. Jurnal pemikiran islam. 4 (1),193.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Mus Tamiul Nadiroh, Fahrudin

Downloads

Download data is not yet available.