NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM “JEMBATAN PENSIL” KARYA EXAN ZEN
PDF

Keywords

Nilai Pendidikan Karakter
Kejujuran
Kedisiplinan
Peduli Sosial
Tokoh Utama
Film

How to Cite

Atmoko, A. W., & Suprapti, S. (2020). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM “JEMBATAN PENSIL” KARYA EXAN ZEN. DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, Dan Sastra Indonesia, 1(1), 21–34. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/diklastri/article/view/64

Abstract

Penelitian ini betujuan memperoleh gambaran objektif tentang nilai pendidikan karakter kejujuran, kedisiplinan, dan peduli sosial pada tokoh utama dalam film “Jembatan Pensil” karya Exan Zen. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data. Data penelitian berupa percakapan dalam bentuk transkrip teks dalam film “Jembatan Pensil” karya Exan Zen yang mencerminkan pokok masalah dalam variabel penelitian. Hasil penelitian ini meliputi nilai pendidikan karakter kejujuran pada tokoh utama dalam perkataan, kejujuran berupa amanah dan tidak ada kemunafikan. Nilai pendidikan karakter dalam tindakan tokoh utama, yaitu kejujuran dan tidak berkhianat. Nilai pendidikan karakter kedisiplinan pada tokoh utama dalam segi waktu, kedisiplinan dalam mengatur waktu dan meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat. Nilai pendidikan karakter kedisiplinan pada tokoh utama pada segi peraturan, terdapat menaati peraturan diri sendiri dan peraturan sekolah. Nilai pendidikan karakter peduli sosial pada tokoh utama dalam suka menolong, terdapat suka menolong teman dan sedikit data menolong masyarakat. Nilai pendidikan karakter peduli sosial pada tokoh utama segi kedermawanan, terdapat rasa ikhlas dan empati.

PDF

References

Ali, M. Aisyah. 2018. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta:Pranamedia Grup.

Alwisol, 2014. Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Darmiatun, Suryatri. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Efendi,A. 2020. Nilai Karakter dalam Novel Biografi Hatta: Aku datang karena Sejarah Karya Sergius Sutanto. Jurnal Pendidikan Karakter IV (1),18.

Febriansari,D dkk. 2018. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan SD. 6(1),90.

Ginda Hasibuan,AP. 2016. Penanaman Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Kelas VIII SMP Negeri 5 Tambusai Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Rokania I(1), 81.

Komalasari, Kokom dan Saripudin, Didin. 2017. Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Valuses Educatio. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mabruri, Anton. 2013. Manajemen Produksi Program Acara Televisi Format Acara Drama. Jakarta: PT. Grasindo.

Mardikarini.S dan Suwarjo. 2016. Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter. VI(2),262.

Moleong, J Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustari, Mohamad. 2017. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Nugraheni, Sri Aninditya. 2012. Pengajaran Bahasa Indonesia Bebasis Karakter. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Nuryanto, Tato. 2017. Apresiasi Drama. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Putra A Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyo, Arifian Adi. 2016. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Guruku Karya Dean Gunawan. Purwokerto: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto. Dari Repository, (Online), repository.iainpurwokerto.ac.id), diakses 18 Februari 2019.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharso & Retnoningsih, 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya Karya.

Suranto, A W. 2016. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter yang Terkandung dalam Tayangan “Mario Teguh Golden Ways”. Jurnal Pendidikan Karakter. VI(2), 182.

Susanti,Marlina, dkk. 2013. Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Nasar-Nasar Jiwa Karya Budi Sulistyo EN-NAFI. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.1(2)278.

Widiyatmaka,W.dkk. 2018. Nilai Pendidikan Karakter pada Film Sang Kiai. Jurnal Seni Budaya. 34 (1), 75.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Aji Wisnu Atmoko

Downloads

Download data is not yet available.