Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bermain Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Besuki

Authors

  • Edy Atmoko STKIP PGRI TRENGGALEK
  • Widhas Yudha Pradana STKIP PGRI Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.55933/pjga.v1i2.100

Keywords:

Pembelajaran, Bermain, Kebugaran Jasmani

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya kebugaran jasmani yang dimiliki oleh peserta didik kelas atas Sekolah Dasar Negeri 2 Besuki Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2019/2020. Mengingat masih ada beberapa anak yang belum mampu memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) maka perlu adanya metode pembelajaran bermain untuk dapat meningkatkan kebugaran jasmani anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yang berbentuk model pre test-post test design. Sampel yang digunakan adalah populasi sample yaitu siswa Kelas atas SD Negeri 2 Besuki yang berjumlah 47 siswa yang terdiri dari kelas IV, V, dan VI. Sebelum dan sesudah diberi perlakuan dilakukan tes awal dan tes akhir dengan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Dari hasil penelitian diperoleh nilai t hitung = 13,39> t tabel = 2,01 artinya ada pengaruh Pembelajaran bermain terhadap peningkatan kebugaran jasmani pada siswa . Kesimpulan bahwa Pembelajaran bermain berpengaruh terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas Sekolah Dasar Negeri 2 Besuki Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek Tahun ajaran 2019/2020, dan dapat dikatakan bahwa menggunakan metode pendekatan pembelajaran bermain berhasil dengan kriteria sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2010). Tes Kesegaran Jasmani Indonesia. Jakarta: Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi.

Hidayatullah, S. H., & Wisnu, H. (2016). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Antara Siswa yang Bertempat Tinggal di Daerah Pesisir dan perkotaan Sumenep. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 04(2), 350–354.

Pratama, H. ., Hariyadi, K., & Febrianto, R. (2018). Profile of Physical Fitness Level of Students-High School Students in Trenggalek Regency Based on TKJI. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 7(3), 142–145. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/26586

Pratama, H. G. (2015). Evaluasi Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Pendidikan Jasmani,Kesehatan, dan Rekreasi STKIP PGRI Trenggalek. Bravo’s, 3(4), 204–208. https://doi.org/https://doi.org/10.32682/bravos.v3i4.242

Putra, R. E., & Fudin, M. S. (2019). Development of Football Bowling Game for Football Learning Approaches. Active Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 8(3), 143–147.

Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sukintaka. (1992). Teori Bermain Untuk D.2 PGSD Penjaskes. Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Atmoko, E., & Pradana, W. Y. (2021). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bermain Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Besuki. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 36–41. https://doi.org/10.55933/pjga.v1i2.100