Pengaruh Latihan Drill Long Service Terhadap Akurasi Servis Pemain Bulutangkis Pemula PB. Mandala Magetan
PDF
LOA

How to Cite

Lisdiantoro, G. (2021). Pengaruh Latihan Drill Long Service Terhadap Akurasi Servis Pemain Bulutangkis Pemula PB. Mandala Magetan. PENJAGA : Pendidikan Jasmani &Amp; Olahraga, 2(1), 21–28. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/penjaga/article/view/264

Abstract

Bulutangkis merupakan olahraga yang mendunia dan sangat berkembang pesat di indonesia. Kejuaraan level dunia sudah pernah di raih oleh atlet-atlet tanah air termasuk thomas cup, uber cup dan kejuaraan dunia. Salah satu upaya untuk menunjang permainan dan awal untuk penyerangan adalah servis.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari latihan drill long servis terhadap akurasi pukulan servis pemain bulutangkis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test design. Observasi yang dilakukan sebelum  eksperimen (Q1) disebut pre-test, dan observasi sesudah eksperimen (Q2) disebut post-test. Berdasarkan analisis data, hasil dari thitung adalah 16,25. Taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 19, maka diperoleh  ttabel adalah 2,09. Melalui hasil analisis data dapat disimpulkan, latihan Drill long servis berpengaruh terhadap akurasi servis pemain bulu tangkis pemula PB. Mandala Magetan, Provinsi Jawa Timur. Hasil analisis data menunjukan rata-rata peningkatan hasil servis 3,9. Kemudian di analisis menggunakan uji-t. Hasil dari uji-t menunjukan thitung > ttabel yaitu 16,25 > 2,09 maka H0 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: ada Pengaruh latihan drill long servis terhadap akurasi servis pemain bulu tangkis pemula PB. Mandala Kab.Magetan, Provinsi Jawa Timur.

PDF
LOA

References

Agus Salim, (2008). Buku pintar Bulu tangkis. Yogyakarta: Binamuda Cipta kreasi.

Amiruddin (2010) Pengukuran Keterampilan Dasar Bermain Bulu Tangkis Pada Mahasiswa Universitas Abulytama (Jurnal) Aceh : FKIP Universitas Abulyatama

Arikunto, S. (2006).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

UPI.(2015). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Daniel Memmert,Steve Harvey (2008) Journal of Teaching in Physical Education.

Davis, Pat. (1996). Play the game badminton. London. Blandford: Wellington house. 125 Strand

Donie. (2009). Pembinaan BuluTangkis Prestasi.Padang : Wineka Media.

Imanudin, I. (2014) “Bahan Ajar Ilmu Kepelatihan Olahraga”.Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia

Khairuddin .(1999) .Pedoman Permainan Bulutangkis. Padang : UNP Press.

Nurhasan & Cholil, D.H. (2007). Modul Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung: Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia.

Philip Carter (2009) Test And Assess Your Brain Quotient “Discover your true intelligence withtests of aptitude, logic, memory, EQ,creative and lateral thinking” (jurnal) London.

Rahmat Hidayatuloh, (2013) “ Perbandingan pegangan raket (Upper Grips dan Lower Grips) terhadap kecepatan dan akurasi pada saat melakukan tekhnik over head backhand smash pada cabang olahraga bulu tangkis.( Skripsi) Bandung Universitas Pendidikan Indonesia.

Santoso. (2012). Pembinaan prestasi bulutangkis. Surakarta : UNS press.

Subarjah, Herman (2014) Permainan Bulutangkis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Subarjah, Herman. (2010) Jurnal: Hasil Belajar Keterampilan Bermain Bulutangkis Studi Eksperimen Pada Siswa Diklat Bulutangkis Fpok -Upi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman Adang. Modul Statistika Untuk Ilmu Keolahragaan”. Bandung: Ilmu Keolahragaan. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Indonesia

Syafruddin. (2011). Ilmu Kepelatihan Olahraga. Padang : UNP Press.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Ghon Lisdiantoro