Survei Minat Belajar Pendidikan Jasmani Di Masa Pandemi Peserta Didik Kelas XI APHP SMK Negeri Kudu Jombang
PDF
LOA

Keywords

Survei
Minat Belajar
Masa Pandemi

How to Cite

Mardiana, R. D. ., & Zoki, A. (2021). Survei Minat Belajar Pendidikan Jasmani Di Masa Pandemi Peserta Didik Kelas XI APHP SMK Negeri Kudu Jombang. PENJAGA : Pendidikan Jasmani &Amp; Olahraga, 2(1), 29–34. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/penjaga/article/view/265

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar mata pelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi pada peserta didik Kelas XI APHP SMK Negeri Kudu Jombang. Teknik pengambilan data dengan cara menyebar kuesioner angket kepada responden melalui google form. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil uji reliabilitas instrument sebesar 0,799 dapat diartikan reliable, dan berdasarkan hasil penghitungan statistik dengan pengkategorian didapat hasil sebanyak 20 peserta didik berada pada kategori tinggi dengan prosentase 19%, sebanyak 74 peserta didik berada pada kategori sedang dengan prosentase 70,5% dan sebanyak 11 peserta didik berada pada kategori rendah dengan prosentase 10,5%. Sedangkan dari hasil nilai statistik didapat nilai rata-rata mean sebesar 90,70 masuk dalam interval nilai antara (84,22 ≤X< 97,18) dan masuk dalam kategori sedang. Dengan begitu dari hasil skala frekuensi tertinggi dan penghitungan statistik dapat disimpulkan bahwa kecenderungan minat belajar peserta didik di masa pandemi peserta didik kelas XI APHP SMK Negeri Kudu masuk pada kategori sedang.

PDF
LOA

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadiwinarto. (2009). Hubungan Antara Budi Pekerti dengan Prestasi Belajar Peserta didik SMA. Depdikbud.

Haki, F. K. (2021). Survey Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas X SMK LPI Semarang. Jurnal Spirit Edukasia, Volume 1 (1) hal 124–134.

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

PP No.19. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005.

Rosdiani, D. (2013). Perencanaan pembelajaran dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Supandi. (1992). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Jasmani.

UU No.20, (2003). tentang sistem pendidikan nasional.

Walgito, B. (1981). Pengantar Pskilogi Umum. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Achmed Zoki