Analisis Kemampuan Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw Pada Tim Kabupaten Toli-Toli

Authors

  • Didik Purwanto Universitas Tadulako
  • Arief Aditya Rifandy Universitas Tadulako
  • Sardiman Sardiman Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.55933/pjga.v2i2.296

Keywords:

Analisis, Keterampilan, Sepak Takraw

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan teknik dasar permainan sepak takraw pada Tim Sepak Takraw Kabupaten Toli-Toli. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan bermain sepak takraw buatan M. Husni Thamrin meliputi tes sepak mula, sepak sila, sepak kura, heading dan smash. Populasi penelitian ini berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat nilai kategori sangat tinggi; (2) kategori tinggi sebanyak 5; (3) kategori sedang sebanyak 9; (4) kategori kurang sebanyak 4; (5) tidak terdapat nilai sangat kurang. Hasil nilai uji deskriptif didapatkan skor maksimal sebesar 79,30, dan skor minimal sebesar 36,81 dengan skor rata-rata 50 dan standar deviasi 10. Secara keseluruhan dapat disimpulkan  bahwa keterampilan bermain sepak takraw Kabupaten Toli-toli masuk dalam kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.

Giriwijoyo, S. (2005). Manusia Dan Olahraga. Institut Teknologi Bandung.

Hanif. A.S. (2015). Sepak Takraw Untuk Pelajar. Kharisma Putra Utama Offset.

Purwanto, D. (2017). Pengembangan variasi latihan smash kedeng luar dalam permainan sepaktakraw untuk mahasiswa program studi pendidikan jasmani fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Tadulako. Journal Sport Sciences and Physical Education, 5(2), 15–29.

Semarayasa, I. K. . (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Gerak Dasar Motor Ablity Terhadap Kemampuan Smash Silang Pada Permainan Sepak Takraw Mahasiswa Penjaskesrek Fok Undiksha. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta CV.

Sulaiman. (2014). Pedoman bagi guru olahraga Pembina, pelatih, dan atlet sepak takraw. UNNES PRES.

Thamrin, H. (2006). Penyusunan Tes Ketrampilan Bermain Sepaktakraw. Pusat penelitian IKIP Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Purwanto, D., Rifandy, A. A., & Sardiman, S. (2022). Analisis Kemampuan Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw Pada Tim Kabupaten Toli-Toli. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 35–41. https://doi.org/10.55933/pjga.v2i2.296