Tingkat Pemahaman Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Authors

  • Suharti Suharti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Harwanto Harwanto Universitas PGRI Adibuana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55933/pjga.v2i2.316

Keywords:

Renang Gaya bebas, Tingkat Pemahaman, Teknik Dasar

Abstract

Frekuensi siswa dalam melaksanakan aktivitas renang di sekolah sangatlah terbatas, yaitu hanya berkisar dua sampai tiga  kali pertemuan setiap semester. Tentunya hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan siswa untuk dapat menguasai teknik dasar renang gaya bebas dengan baik sehingga siswa juga kurang bisa untuk dapat memahami dengan maksimal teknik dasar renang. Aktivitas siswa yang sangat minim dan tidak ada teori di kelas yang dikhususkan untuk memahami materi aktivitas renang, dan tidak ada sarana dan prasarana yang mendukung, maka siswa sulit memahami aktivitas pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman teknik dasar renang gaya bebas yang dilakukan oleh siswa kelas X MIPA SMA Antartika Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang renang gaya bebas. Penelitian ini dilakukan pada 252 siswa kelas XMIPA SMA Antartika Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas X MIPA SMA Antartika Sidoarjo berada pada kategori rendah. Secara rinci, sebanyak 57 siswa (22,6%) memiliki kategori sedang, 183 siswa (72,6%) memiliki kategori rendah, dan 12 siswa (4,7%) memiliki kategori sangat rendah. Kesimpulannya bahwa tingkat pemahaman teknik dasar renang gaya bebas memiliki kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Gani, R., Sukur, A., & Nugroho, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Renang Gaya Kupu-Kupu Melalui Strategi Pembelajaran Variatif Bagi Mahasiswa. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 107–113. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7621

Mulyono. (2018). Pengaruh kekuatan otot lengan dan otot kaki terhadap kemampuan renang gaya bebas 50 m bagi siswa sd kelas 6 sdn pesudukuh kecamatan bagor kabupaten nganjuk tahun ajaran 2017/2018.

Nurman, R. (2018). Pengaruh Fundamental Renang Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Gerak Dasar Renang Siswa Kelas Iv Sd Negeri Mantingan. 7(2).

Rahayu, A. Y. (2013). Menumbuhkan kepercayaan diri melalui kegiatan bercerita.

Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Suharti,S. (2019). The Influence of Physical Fitness Gymnastics 2017 and Indonesian Jaya Gymnastics toward Flexibility and Endurance. Annals Journal, 11. https://doi.org/http://doi.org/10.36295/ASRO.2019.221119

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiytanto. (2012). Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Journal of Physical Education, 5(3).

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Suharti, S., & Harwanto, H. (2022). Tingkat Pemahaman Teknik Dasar Renang Gaya Bebas. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 55–60. https://doi.org/10.55933/pjga.v2i2.316