Survei Tingkat Sportivitas Siswa UPTD SDN Junganyar 1 Di Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Zakaria W Hidayat STKIP PGRI Jombang
  • Basuki Basuki STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.55933/pjga.v3i1.462

Keywords:

Survei, Tingkat, Sportivitas, Siswa

Abstract

Sportivitas merupakan sesuatu yang dapat dilihat dari suatu pertandingan yang muncul dari sikap setiap pemain bahkan dalam sebuah tim ketika bertanding. Sportivitas adalah ungkapan moral  yang terkandung dalam norma etika dasar olahraga.Sportivitas mengacu pada kebaikan seperti kejujuran, kontrol diri, keteguhan hati, kegigihan dan diasosiasikan terhadap konsep-konsep interpersonal seperti memperlakukan orang lain dan diri sendiri dengan fair, mempertahankan kontrol diri ketika berurusan dengan orang lain, dan menghargai pihak berwenang dan  lawan. Pada tingkat sekolah, kegiatan olahraga yang bersifat kompetitif biasanya masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat sportivitas siswa dan dampak terhadap minat siswa mengikuti mata pelajaran penjas, Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Dimana penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan hal-hal yang berhubungan dengan keadaan atau status fenomena. Instruen yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian yang terlihat pada tabel di atas dapat diperoleh informasi bahwa siswa dengan kategori baik sekali 0%, kategori Baik 13%, kategori Sedang 49%, kategori Kurang 29%, dan kategori Kurang Sekali 9%. berdasarkan data hasil penelitian pada tabel di atas menunjukkan bahwa sportifitas siswa siswi masuk kategori Sedang (49%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006.Standar Isi Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta. De- partemen Pendidikan Nasional.

Bandi Delphie. 2009. Pembelajarann Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Sleman: PT Intan Sejatu Klaten.

Dimas. (2010). Tingkat Sportivitas Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Sepakbola SMP N 1 Gamping. (skripsi). Yogyakarta: FIK UNY.

Li, F. (2016). Physical activity and health in the presence of China’s economic growth: Meeting the public health challenges of the aging population. Journal of Sport and Health Science, 5(3), 258–269.

Lynn E. Mc, Cutcheon. (1999). The Multidimensional Sportspersonship Orientation Scale Has Psysicometric Problems. United Sports Academy & Florida Southern College.

Morgan, P. J., & Hansen, V. (2016). Physical education in primary schools: Classroom teachers’ perceptions of benefits and outcomes. Health Education Journal, 67(3), 196-207.

National Association for Sport and Physical Education. (2011). Physical Education Is Critical to Educating the Whole Child Educating the Whole Child [Position statement]. Reston, VA: Author

Ryska, T. A. (2003). Sportmanship in Young Athlees: The Role of competitivens, motivational orientations, and perciefid purpose of sports. (The journal of Psychology)

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Sumaryanti, Wara Kushartanti, Rachmah Laksmi Ambardhini. 2010.

Pengembangan Model Pembelajaran Jasmani Adaptif untuk Optimalisasi Otak Anak Tunagrahita. Jurnal Kependidikan. 40 (1): 29-44)

Sutrisno Hadi. (1991). Analisis Butir untuk Instrumen. Yogyakarta: Andi Offside.

Saifuddin Azwar. (2008). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Hidayat, Z. W., & Basuki, B. (2022). Survei Tingkat Sportivitas Siswa UPTD SDN Junganyar 1 Di Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan Tahun Ajaran 2021/2022. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 8–12. https://doi.org/10.55933/pjga.v3i1.462