Pengembangan Model Permainan Sepakbola Gagali Dalam Pembelajaran Permainan Sepakbola

Authors

  • Rudi Septa Pratama STKIP PGRI Trenggalek
  • Muhammad Soleh Fudin STKIP PGRI Trenggalek

Keywords:

Pengembangan, Model Permainan Gagali, Pembelajaran Permainan Sepak Bola

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dan analisis kebutuhan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan khususnya pembelajaran sepak bola. Permasalahannya diantaranya terdapat gawang tetapi rusak dan tidak bisa digunakan dan juga belum adanya modifikasi pembelajaran dalam bentuk model permainan serta SDN 1 Karangsoko dalam pembelajaran sepak bola membutuhkan model permainan yang baru atau yang belum pernah ada di sekolah tersebut. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model permainan sepak bola gagali sebagai alternatif model pembelajaran sepak bola. Spesifikasi produk yang dikembangkan dalam permainan sepak bola gagali yaitu : (1) lapangan, alat dan fasilitas yang digunakan dalam permainan (2) peraturan permainan (3) cara bermain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan, evaluasi. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Karangsoko yang berjumlah 29 siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner semi terbuka dan tertutup. Produk awal divalidasi oleh satu orang ahli pendidikan jasmani dan dua orang ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data dari uji lapangan mendapatkan persentase 87% yang menunjukan kriteria baik dan bisa digunakan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan model permainan sepak bola gagali dapat digunakan dan diterapkan sebagai alternatif dalam pembelajaran sepak bola.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Tidakan Praktik. Jakarta:PT. Rieneka Cipta.

Belhaj, Taufiq, & Hidayah. (2015). Pengembangan Model Permainan Sepakbola Empat Gawang dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani.

Journal of Physical Education and Sports, 122(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. In New York:Spinger.

Febrianto, R. (2018). Pengembangan Handout Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 2(2), 64–74. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/122

Fudin, M. S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lari Jarak Pendek dengan Pendekatan Permainan Petani dan kancil. BRAVO’S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan), 4(1), 27–40. https://doi.org/https://doi.org/10.32682/bravos.v4i1.235

G Wiarto. (2015). Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta:Laksitas.

Husdarta, & Saputra. (2013). Belajar dan pembelajaran : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:Remaja.

Putra, R. E.,Fudin, M. S. (2019). Development of Football Bowling Game for Football Learning Approaches. Sport, Health and RecreAtion, 8(3), 143–147. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Roni Effendi, A., & Rhamadhansyah, F. (2017). Peningkatan Pembelajaran Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Modifiikkasi Boola Plastik. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 54–64. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/article/view/574

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. In Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. In Bandung:Alfabeta CV.

Sugiyono. (2017b). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Bandung: Alfabeta CV (Vol. 53, Issue 9).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta CV.

Trinova, Z. (2012). HAKIKAT BELAJAR DAN BERMAIN MENYENANGKAN BAGI PESERTA DIDIK. Al-Ta Lim, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55

Downloads

Published

2020-11-20

How to Cite

Pratama, R. S., & Fudin, M. S. (2020). Pengembangan Model Permainan Sepakbola Gagali Dalam Pembelajaran Permainan Sepakbola. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 1–6. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/penjaga/article/view/57