Pengembangan Permainan Hadang Motorik untuk Materi Keterampilan Gerak Dasar di MI Yapendawa Bendorejo

Authors

  • Ahmad Syamsul Anam STKIP PGRI Trenggalek
  • Vega Mareta Scesiarriya STKIP PGRI Trenggalek

Keywords:

keterampilan gerak dasar, pembelajaran, pengembangan

Abstract

Keadaan sarana dan prasarana yang ada disekolah yang kurang standart dan siswa kurang tertarik dengan pembelajaran keterampilan gerak dasar, sehingga membuat siswa tidak semangat dan bosan dengan materi keterampilan gerak dasar. Maka dibutuhkan pengembangan permainan untuk menambah rasa senang dan ketertarikan siswa-siswi akan adanya pengembangan permainan hadang motorik yang bisa digunakan ditempat yang tidak terlalu luas, aman, nyaman dan tingkat bahaya yang rendah. Penelitian ini bertujuan membantu materi keterampilan gerak dasar dengan pengembangan permainan hadang motorik. Penelitian ini menggunakan model ADDI. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa permainan hadang motorik digunakan untuk panduan dalam proses pembelajaran materi Keterampilan gerak dasar. Dibuktikan dengan hasil validasi yang dilakukan kepada ahli pembelajaran dengan hasil 77% dan ahli permainan dengan hasil 88% yang sudah disetujui. Dan juga hasil dua kali uji coba yang dilakukan dengan hasil penilaian dengan persentase 85,7% untuk uji coba kelompok kecil dan 87,5% untuk uji coba kelompok besar. Kedua uji coba mendapat nilai kategori baik dan bisa digunakan. Dengan hasil tersebut, disimpulkan bahwa permainan hadang motorik dapat digunakan dan sebagai pedoman guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran pada
materi keterampilan gerak dasar di MI Yapendawa Bendorejo.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik (VI). Jakarta:Rineke Cipta.

Bakhtiar, S. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. In Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Retrieved from http://repository.unp.ac.id/65/

Branch, M. . (2009). Instructional Design : The ADDIE Aproach (1st ed.). New York: Springer.

Permendikbud. (2016). No 21 Tentang Standard Isi Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta.

Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Winahyu, P. A. (2013). Melalui Permainan sasaran Petak Berangka Pada Siswa Kelas IV SD NEGERI KAMBANGAN 03 Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2020-11-20

How to Cite

Anam, A. S., & Scesiarriya, V. M. (2020). Pengembangan Permainan Hadang Motorik untuk Materi Keterampilan Gerak Dasar di MI Yapendawa Bendorejo. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 12–15. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/penjaga/article/view/59